Headline

Polda Jabar Akan Teliti Kerusakan Lingkungan Penyebab Banjir di Garut

×

Polda Jabar Akan Teliti Kerusakan Lingkungan Penyebab Banjir di Garut

Sebarkan artikel ini
Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana didampingi Bupati Garut Rudy Gunawan meninjau lokasi banjir di permukiman padat Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (18/7/2022). (Foto: Yan AS)

GOSIPGARUT.ID — Kerusakan lingkungan yang diduga menjadi penyebab banjir di 14 kecamatan Kabupaten Garut Jumat (15/7/2022) malam lalu akan diteliti. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengatakan penelitian perlu dilakukan agar kejadian serupa tak terulang.

“Kita akan teliti, karena setiap tahun memang bila curah hujan yang tinggi tempat ini terkadang terkena banjir. Akan kita teliti agar tahun depan tidak terjadi lagi,” kata Irjen Pol Suntana usai meninjau lokasi banjir di permukiman padat Kampung Cimacan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (18/7/2022).

Menurutnya, pimpinan daerah di Garut telah merencanakan berbagai kegiatan penanggulangan untuk perbaikan di kemudian hari. “Pak Bupati Garut sudah merencanakan berbagai kegiatan,” ujarnya.

Baca Juga:   Empat Kisah Orang-orang yang Remehkan Corona Lalu Terkena Batunya

Kedatangan Kapolda Jabar ke Garut adalah untuk memastikan proses evakuasi, rehabilitasi, dan penanganan pelayanan kepada masyarakat terdampak banjir dilakukan dengan baik dan terkoordinir.

“Fokus kami memastikan keselamatan dan keamanan masyarakat. Kami juga menyiapkan makanan dan minuman yang layak agar warga di sini tidak kebingungan untuk kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Ia memastikan kebutuhan logistik masyarakat seperti obat-obatan, makanan hingga peralatan pendukung sehari-hari terjamin.

Baca Juga:   Gubernur Ridwan Kamil Edukasi 20 Remaja Garut yang Terpapar Paham NII

Bupati Garut Rudy Gunawan menjelaskan bahwa asessment perlu dilakukan dalam menangani kerusakan lingkungan yang terjadi. “Kami tidak punya hutan, yang punya hutan itu Perhutani. Tapi kami tidak akan saling menyalahkan, mari sama-sama melakukan assessment agar mitigasi bencana komprehensif, bukan hanya dari perilaku orangnya tapi dari alamnya juga,” kata dia.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *