oleh

Bolagar, Produk Kuliner Baru dan Oleh-oleh Khas Garut

GOSIPGARUT.ID — Produsen kuliner Raden Aren mengembangkan produk singkatan dari bolu aren Garut (bolagar) sebagai produk kuliner baru yang dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Kabupaten Garut.

“Bolagar atau singkatan dari bolu aren Garut ini dibentuk dalam kemasan hasil inovasi dengan bahan gula aren,” kata Manager Operasional Raden Aren Nurul Saomah.

Ia menuturkan produk bolagar itu merupakan satu manajemen dengan produk bolu cilembu oleh-oleh khas dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang sudah lebih dulu dikenal.

Nurul menyampaikan pihaknya berupaya mengangkat potensi daerah lain salah satunya Kabupaten Garut yang memiliki ciri khas produksi gula aren.

Baca Juga:   Kafe WiHaus Sediakan Kuliner Khas Thailand Gaya Garut

“Jadi kami menggunakan gula aren yang didatangkan langsung dari petani gula aren Garut, produk kami ini mengangkat potensi dari Garut,” ujarnya.

Nurul mengungkapkan Raden Aren mengemas bolagar dengan cara yang unik yakni kemasan dus dengan isi beragam sebanyak 10 bolu dengan sasaran konsumen untuk kalangan masyarakat menengah ke atas seharga Rp30 ribu.

Ia berharap bolagar itu bisa diterima masyarakat Garut, dan menjadi keharusan bagi wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh seperti produk khas lainnya di Kabupaten Garut yakni dodol.

Baca Juga:   Mau Pizza Murah dan Enak? Cobain Pizza Garut yang Satu Ini

“Kami berupaya untuk melakukan kreativitas dan berinovasi yang berbeda dan kekinian, dan menjadi tempat ciri khas oleh-oleh dari Priangan,” ujar Nurul.

Ia menyampaikan toko kuliner Raden Aren yang berdiri di pusat kota Garut itu bisa menjadi tujuan wisata kuliner, sekaligus menjadi tempat berkumpul sambil menikmati sajian minuman khas yang disediakan Raden Aren.

Menurut Nurul, selama ini di Garut banyak tempat kafe yang menarik dengan ciri khas yang unik, namun belum ada produk kuliner dengan bahan baku dari gula aren.

Baca Juga:   Tumis Daging Kecap Pedas yang Menggugah Selera, Ini Resepnya!

“Kami ingin menjadi kunjungan pusat wisata kuliner dengan produk unggulan kombinasi gula aren,” katanya.

Nurul berharap produk kuliner dengan bahan gula aren bisa mendorong pelaku usaha gula aren yang selama ini banyak diproduksi di sejumlah daerah di Garut.

“Kami harap keberadaan produk dari Raden Aren ini bisa meningkatkan ekonomi petani gula aren di Garut,” katanya. (In/Fj)

Komentar

Berita Terkait