oleh

Dendeng Sapi “Mak Nio”, Lauk Pendamping Nasi yang Gurih dari Garut

GOSIPGARUT.ID — Kabupaten Garut dikenal dengan ragam kuliner yang gurihnya khas. Salah satunya dendeng sapi “Mak Nio”, sangat cocok dijadikan lauk pendamping nasi.

Hal itu dikarenakan dendeng sapi Mak Nio memiliki cita rasa gurih manis yang unik. Selebihnya aroma rempahnya juga menggiurkan.

Untuk mencicipi dendeng ini, Anda bisa mendatangi Jalan Cimanuk, tepatnya di kawasan Sandinglebak, samping Jembatan Cipeujeuh, Kelurahan Muara Sanding, Kecamatan Garut Kota.

Baca Juga:   Tumis Kangkung Terasi Bisa Jadi Menu Makan Malam

Dendeng sapi Mak Nio merupakan satu dari sekian pilihan kuliner legendaris yang jangan sampai terlewat saat singgah di Kota Intan ini.

Dendeng Mak Nio diketahui sudah eksis sejak dekade 60-an, di mana penganan tersebut banyak diburu para wisatawan yang singgah.

Hal tersebut didasarkan pada cara pengolahan dendeng yang terjaga secara tradisional. Menurut Adam, bahan daging sapi yang dipakai harus segar, dan diperoleh dari tempat pemotongan yang sesuai standar.

Baca Juga:   Di Jalur Bandung -- Garut Selatan Ada Warung Raos Rasa yang Buka 24 Jam

“Dendeng sapi di sini (Mak Nio) memang sudah eksis sejak tahun 1960-an silam,” ujar Pengelola Dendeng Mak Nio, bernama Adam Jatisunda, kepada wartawan.

Terkait bumbu rahasia, Adam pun membeberkan racikannya. Di sana ada beberapa bumbu yang dipakai untuk membuat dendeng sapi yang nikmat dan minim lemak.

Beberapa bumbu tersebut di antaranya, bawang putih, cabai merah, asam Jawa, merica bubuk, ketumbar hingga asam Jawa. Komposisi tersebut menjadikan dendeng sapi Mak Nio terbilang istimewa.

Baca Juga:   Mau Pizza Murah dan Enak? Cobain Pizza Garut yang Satu Ini

Belum lagi tangan lincah Mak Nio begitu andal mengiris tipis daging, dan membuang bagian lemaknya sehingga kadar kolesterolnya berkurang. Mak Nio memang dikenal andal mengolah dendeng daging sapi dengan resep lawasnya yang otentik.

“Semua bumbu yang kami gunakan seluruhnya memakai rempah alami yang tersedia dengan mudah di pasaran,” ujar Adam. (Mrdk)

Komentar

Berita Terkait