Headline

PKEK Sudah Lepasliarkan Empat Ekor Elang di Kawasan Hutan Sancang

×

PKEK Sudah Lepasliarkan Empat Ekor Elang di Kawasan Hutan Sancang

Sebarkan artikel ini
Foto: Ilustrasi/Istimewa

GOSIPGARUT.ID — Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) sudah melepasliarkan empat ekor elang yang sudah direhabilitasi dan menambah populasi elang di kawasan Hutan Sancang, Kabupaten Garut, yang selama ini keberadaan elang di hutan tersebut sudah jarang terlihat.

“Kami melepasliarkan elang di hutan Sancang karena hutannya masih relatif baik, muara dan pantainya bagus, banyak tersedia ikan,” kata Manajer PKEK, Zaini Rahman, Rabu (25/12/2018).

Ia menuturkan, PKEK sudah beberapa kali melepasliarkan elang di beberapa tempat di Jawa Barat termasuk di kawasan selatan Kabupaten Garut di Hutan Sancang yang dinilai sebagai habitat elang.

Baca Juga:   Jatah Komisi Vanessa Angel Rp35 Juta Diserahkan ke Polisi

Zaini menyampaikan, terakhir melepasliarkan dua elang bondol (Haliastur indus) berjenis kelamin jantan dan betina di perairan Cijeruk kawasan Hutan Sancang, Kecamatan Cibalong, Garut, Selasa (18/12) dan sebelumnya melepasliarkan dua elang perut putih (Haliaeetus leucogaster) di Hutan Sancang, Rabu (21/11).

Ia menjelaskan, elang tersebut merupakan jenis elang yang biasa memakan ikan, untuk itu kawasan Pantai Cijeruk dan Hutan Sancang cocok dengan karakter habitatnya. “Sengaja mengambil pelepasan di muara Sungai Cijeruk karena habitat aslinya memang seperti kawasan Sancang ini,” ujar Zaini.

Baca Juga:   Jika Presiden Tak Kabulkan Tuntutan Revisi Perpres No 104/2021, Ini yang Akan Dilakukan Kades Jabar

Ia menyampaikan, elang yang dilepasliarkan itu sebelumnya dipelihara warga kemudian diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam untuk selanjutnya direhabilitasi di PKEK.

Setelah direhabilitasi dengan mengembalikan sifat memburunya, kata Zaini, elang tersebut lalu dilepasliarkan ke alam bebas dengan mendapatkan pengawasan khusus dari tim monitoring PKEK. “Kita tidak hanya melepaskan begitu saja, harus dipastikan elang itu bisa bertahan hidup dan memiliki rumah di Hutan Sancang,” katanya.

Baca Juga:   Ratusan Demonstran Tuntut Perubahan Status Kamojang -- Papandayan Dibatalkan
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *