oleh

Wagub Jabar Batal Santuni Duafa, Terpaksa Baznas Garut yang Ambilalih

GOSIPGARUT.ID — Tanggal 17 Mei lalu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat — Uu Ruzhanul Ulum hendak berkunjung ke Kabupaten Garut untuk memberikan santunan kepada kaum duafa. Namun entah kenapa agenda tersebut batal terlaksana, dan kemudian diundur pada Rabu 22 Mei 2019. Tetapi lagi-lagi agenda penyerahan santunan itu batal juga terselenggara. Alasannya, Wagub urung berkunjung ke Garut.

Padahal pada hari itu, sebanyak 50 anak yatim, 10 santri salafiyah, penceramah, dan DKM Masjid Agung Garut, sudah berkumpul dan siap menerima santunan dari Wagub Jabar. Tak ingin menanggung malu, akhirnya Badan Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut yang mengambilalih santunan duafa tersebut dan memberikannya kepada mereka yang sudah datang.

“Acara pemberian santunan itu ternyata diundur lagi hingga tanggal 29 Mei yang juga belum pasti. Saya melihat dengan pengundaran waktu ini, sedangkan para duafa sangat membutuhkan bantuan, maka sudah kami handle saja. Yang tadinya bantuan dari provinsi, menjadi bantuan Baznas Garut,” kata Ketua Baznas Kabupaten Garut, Rd. Aas Kosasih, usai pemberian santunan di Masjid Agung Garut, yang dihadiri Bupati Rudy Gunawan dan Ketua MUI, KH. Sirojul Munir, Rabu (22/05/2019).

Baca Juga:   Tak Ada Pertunjukan Barongsai Menyusuri Kota Garut di Imlek Tahun Ini

Menurut dia, inisiatif untuk mengambilalih santunan tersebut, karena tidak ingin mengecewakan para calon penerima manfaat yang sudah dijanjikan. “Baznas ini kan sedang naik daun, jangan sampai masyarakat kecewa dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Baznas menurun,” ujar mantan anggota DPRD Garut itu.

Aas menerangkan, besarnya bantuan yang dijanjikan Baznas provinsi dalam rencana kunjungan ke Garut bersama Wagub Uu Ruzhanul Ulum itu sebesar Rp21 juta. Tapi pihaknya telah menyampaikan kepada para duafa sebesar Rp23 juta.

Baca Juga:   Hore...! Setiap Desa di Jabar akan Mendapat Mobil Aspirasi Kampung Juara

“Pada tanggal 29 Mei mendatang kami akan menyelenggarakan Gebyar Baznas Kabupaten Garut, yang akan memberikan santunan untuk 3 ribu sampai 4 ribu penerima manfaat. Jadi kalaupun nanti Baznas provinsi dan Pak Wagub akan datang, itu bukan acara provinsi, tapi acaranya Gebyar Baznas Kabupaten Garut,” ujar Aas.

Ia menerangkan, untuk penyaluran santunan bagi ribuan penerima manfaat itu, Baznas Garut membaginya dalam 4 program yaitu program “Garut Cerdas” yang akan diberikan kepada 1000 siswa SD berupa peralatan sekolah, program “Garut Sehat” akan diwujudkan dalam pemberian kursi roda, kaki dan tangan palsu, dan alat lainnya untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga:   Wagub di Garut: ASN Provinsi – Kabupaten/Kota Harus Satu Visi

Kemudian, “Garut Taqwa” diperuntukan kepada 210 ustadz di seluruh kecamatan, seta “Garut Peduli” merupakan antuan kepada para pegawai honorer, petugas kebersihan, dan lainnya yang jumlahnya mencapai 2000 orang. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait