Budaya

“Sampurasun Dance”, Tarian Pembuka Selamat Datang dari Paguyuban Mojang Jajaka Garut

×

“Sampurasun Dance”, Tarian Pembuka Selamat Datang dari Paguyuban Mojang Jajaka Garut

Sebarkan artikel ini
Penampilan "Sampurasun Dance" oleh Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Garut sebelum pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Jadi Garut ke-210 Alun-alun Kabupaten Garut, Kamis (16/2/2023). (Foto: Yan AS)

GOSIPGARUT.ID — Dalam perhelatan menjelang upacara peringatan Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut di Alun-alun pada Kamis (16/2/2023) lalu, ada penampilan tarian yang dibawakan sejumlah muda mudi dan membuat hadirin terpukau. Tarian tersebut bernama “Sampurasun Dance”.

“Sampurasun Dance” merupakan tarian pembuka selamat datang untuk para tamu yang hadir. Tarian ini adalah milik Paguyuban Mojang Jajaka (Moka) Kabupaten Garut, pernah tampil dalam Pasanggiri Mojang Jajaka pada bulan Desember tahun lalu.

“Jadi ketika ‘Sampurasun Dance’ ini ditampilkan lagi untuk pembukaan upacara Hari Jadi Garut, anak anak tinggal latihan sekitar 1 sampai 2 kali saja dan hanya untuk plotingan tempat, karena waktu itu kan di panggung kalau sekarang di depan Babancong,” kata pelatih “Sampurasun Dance”, yang juga alumni dari Moka Kabupaten Garut 2007, Kiki Syarif.

Baca Juga:   Disdik Garut Siapkan Ragam Seni Kreasi Siswa untuk Gebyar Pendidikan

Ia menuturkan, di momen HJG 210 kemarin, dirinya membantu untuk melatih para mojang jajaka di Kabupaten Garut untuk menampilkan “Sampurasun Dance” sesaat sebelum upacara peringatan dimulai.

Sejumlah anggota Paguyuban Mojang Jajaka Garut. (Foto: Yan AS)

Kiki mengungkapkan, penari “Sampurasun Dance” ini merupakan mojang jajaka pinilih yang sebelumnya telah lolos audisi dan mengikuti final Pasanggiri Mojang Jajaka dan hanya diikutsertakan sebanyak 30 orang atau 15 pasang saja.

Baca Juga:   Desa Cibatu Garut Proyeksikan Jadi Desa Wisata Budaya

Selain itu, imbuh dia, sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan penampilan sebelumnya, namun hanya pola lantainya saja yang sedikit berbeda.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *