Jawa Barat

Di Masa Pandemi, Pengeluaran Per Kapita Warga Jabar Nambah Rp62.804/Bulan

×

Di Masa Pandemi, Pengeluaran Per Kapita Warga Jabar Nambah Rp62.804/Bulan

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Penghasilan per kapita.

GOSIPGARUT.ID — Pengeluaran per kapita warga Jawa Barat di masa pandemi Covid-19 rata-rata cenderung meningkat. Walau terdapat sejumlah daerah yang pengeluaran per kapita warganya menurun dalam rentang tahun 2019 dan tahun 2020.

Pengeluaran rata-rata per kapita adalah biaya yang dikeluarkan untuk konsumsi semua anggota rumah tangga selama sebulan baik yang berasal dari pembelian, pemberian maupun produksi sendiri dibagi dengan banyaknya anggota rumah tangga dalam rumah tangga tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (BPS Jabar) bila dirata-ratakan, terjadi penambahan pengeluaran per kapita sebesar Rp62.804/bulan.

Baca Juga:   Jabar Kembali Usulkan Tiga Pemekaran Daerah, Salah Satunya Garut Utara

“Rata-rata pengeluaran penduduk per kapita di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 untuk kelompok makanan sebesar Rp655.838 per kapita per bulan atau sebesar 49,50 persen dari jumlah pengeluaran, sedangkan untuk non makanan rata-rata pengeluaran sebesar Rp669.122 atau sebesar 50,50 persen,” kata Kepala BPS Jabar Dyah Anugrah, seperti dikutip detikcom dalam e-book Jabar Dalam Angka 2021, Sabtu (13/3/2021).

Baca Juga:   Desak Pemekaran Daerah, Sejumlah Warga Jabar Siap "Ngadat" dan Duduki Gedung DPR RI

Penambahan pengeluaran rata-rata per kapita terbanyak terjadi di Kabupaten Sumedang. Dari Rp971.995 per kapita/bulan pada tahun 2019, menjadi Rp1.271.292 per kapita/bulan. Artinya ada penambahan sekitar Rp299.297.

Dari data yang diperoleh dari BPS Sumedang, rata-rata pengeluaran per kapita sebulan untuk komoditas rokok, di Kabupaten Sumedang mencapai Rp87.611. Pengeluaran itu merupakan kedua yang terbesar setelah kelompok makanan dan minuman.

Baca Juga:   Kasus Bullying Tinggi, Legislator Jabar Minta Pemkab Garut Segera Bentuk KPAID
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *