oleh

Pemkab Garut Siapkan SDM Pemerintahan untuk DOB Garsel

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan format pejabat struktural dan fungsional untuk daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan (Garsel). Pegawai yang diprioritaskan adalah aparatur sipil negara (ASN) di tingkat kecamatan yang ada di Garsel, bisa masuk ke pemerintahan kabupaten baru.

“Untuk di tingkat kabupatennya berapa keperluannya, nanti kita siapkan. Misalnya untuk kepala dinas, pejabat struktural fungsional kan dari kabupaten induk,” kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menyampaikan, sebagai persiapan pemekaran, Pemkab Garut tengah menyiapkan fasilitas infrastruktur, seperti jalan raya hingga membantu pembangunan pendopo di Garsel.

Baca Juga:   Lapangan Kerja di Garut Minim, Angka Pengangguran Cukup Tinggi

Sampai saat ini, diakui Helmi, pihaknya belum memiliki data spesifik terkait Pendapatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Garsel. “Tapi jika dilihat dari sisi pertumbuhan seperti penginapan, kunjungan wisata itu ada (kenaikan),” tegasnya.

Helmi berharap, untuk kelengkapan fasilitas lainnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bisa melanjutkan pembangunan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Garsel.

Baca Juga:   Pemkab Garut Ancam Cabut Izin Hotel yang Menyelenggarakan Prostitusi

Sementara itu, politisi Nasdem Garut, Yusep Mulyana, mengungkapkan, pemekaran Garsel harus segera dilakukan. Pihaknya melihat, segala persiapan untuk DOB dinilai sudah siap dilakukan.

“Pemekaran Garsel menjadi salah satu prioritas pemerintah pusat untuk disegerakan, selain Sukabumi dan Bogor. Sejalan dengan amanat presiden (Ampres), pemekaran dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan aspek lainnya hingga pembangunan suatu daerah,” kata dia.

Baca Juga:   DPRD Minta Jangan Ada Dua Opsi dalam Penataan PKL di Garut

Tidak hanya itu, masyarakat Garsel pun mengaku sudah tidak sabar menunggu keputusan pemerintah untuk melakukan pemekaran.

“Selama ini pelayanan publik bagi masyarakat Garut Selatan ada ketimpangan. Mereka harus jauh-jauh datang ke pusat pelayanan di daerah perkotaan Garut. Makanya penting untuk segera dimekarkan, agar daerah selatan mengalami pertumbuhan dengan pesat,” ujar Yusep. (Erf/Yus)

Komentar

Berita Terkait