oleh

Setiap Tahun, Terjadi Seribu Bencana Alam di Jabar

GOSIPGARUT.ID — Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan setiap tahunnya terjadi 1.000 hingga 1.500 kejadian bencana alam di Jabar.

“Menurut catatannya, bencana alam di Jabar, per tahun itu itu rata-rata 1.000 an sampai 1.500 kejadian. Kalau dibagi per bulan 100 an, dibagi per hari itu tiga bencana per harinya,” katanya, Senin (14/1/2019).

Ditemui seusai mengunjungi warga korban terdampak angin puting beliung di Perumahan Rancaekek Permai II, Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Emil menambahkan Jabar termasuk dalam kawasan rawan bencana.

“Dan di Jabar, mayoritas rawan bencana longsor, selain banjir, kebakaran dan angin puting beliung. Jadi kita hidup di alam yang indah dan berbagai potensi kejadian. Supaya kita aman, makanya hidup kita harus pakai ilmu,” jelas Emil.

Baca Juga:   Beginilah Tradisi Penjemputan Personil Baru Yonif Raider 303/SSM

Menurut dia, seusai kejadian angin puting beliung di Kawasan Rancaekek, Kabupaten Bandung, pada Jumat (11/1/2019), ia mengaku ingin melihat langsung kondisi warga di kawasan ini seperti apa.

“Tentunya kita harus berdoa memaksimalkan agar kedepan tidak sering seperti ini. Saya titip ke Pak Camat, pertama sabar dan kedua menolong semua warga tanpa kecuali,” ujar Emil.

Baca Juga:   Hingga Kini Garut Masih Miliki Desa Tertinggal Terbanyak di Jawa Barat

“Jadi yang mendapatkan kebencanaan tak hanya di komplek perumahan ini, di luar komplek juga jumlahnya lumayan banyak dan tersebar,” tambahnya.

Selain itu, Emil juga mendorong kepada jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung untuk terus memonitor kondisi dan situasi di lapangan.

Sehingga, lanjutnya bisa secepatnya mengembalikan kondisi warga kembali normal dalam kondisi sehari-harinya.

Baca Juga:   Berliana, Putri Dosen Uniga Wakili Garut di FLS2N SD Jawa Barat

“Dan untuk atap rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung, untuk sementara bisa ditutup terpal yang dibantu pemerintah. Selain pemerintah juga berusaha membantu pengadaan atap genting dan material bantuan lainnya,” kata dia. (Ant/Yus)

Komentar

Berita Terkait