Berita

Delman Dilarang Beroperasi di Limbangan hingga Malangbong, Ini Kata Kasat Lantas Polres Garut

×

Delman Dilarang Beroperasi di Limbangan hingga Malangbong, Ini Kata Kasat Lantas Polres Garut

Sebarkan artikel ini
Kasat Lantas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi.

GOSIPGARUT.ID — Terhitung sejak 5 April hingga 15 April 2024, delman dilarang beroperasi di jalur mudik lebaran mulai Limbangan hingga Malangbong, Kabupaten Garut. Dampak dari pelarangan itu, Pemkab Garut akan memberikan kompensasi kepada 71 kusir delman yang biasa beroperasi di jalur Limbangan — Malangbong karena mereka berhenti mengais rejeki selama 10 hari.

“Benar, Pemkab Garut akan memberikan kompensasi kepada para kusir delman di jalur Limbangan — Malangbong sebagai bentuk kepeduliaan dan permintaan maaf pemerintah atas larangan beroperasionalnya andong selama arus mudik dan balik berlangsung,” kata Kasat Lantas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi, Selasa (2/4/2024).

Ia menjelaskan, sesuai kesepakatan, kusir delman yang biasa beroperasi di jalur Limbangan hingga Malangbong akan mendapatkan biaya kompensasi sebesar Rp700 ribu untuk 10 hari. Kebijakan ini sengaja diterapkan demi mewujudkan kelancaran dan ketertiban arus lalu lintas selama arus mudik dan balik di Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Polres Garut Bubarkan Rencana Aksi Balap Liar yang Ganggu Ketertiban Umum

Aang pun menjelaskan, bahwa dalam rangka pengamanan arus mudik dan balik lebaran, Polres Garut menggelar Operasi Ketupat Lodaya tahun 2024. Selama operasi berlangsung, tambah dia, pihaknya gencar lakukan pengecekan jalur kesiapan pengamanan arus mudik dan balik. Tidak hanya di jalur nasional Limbangan — Malangbong, namun juga di sejumlah jalur mudik lainnya.

Baca Juga:   DPR RIĀ Apresiasi Polres Garut yang Berhasil Bongkar Jaringan Penyuplai PSK

“Pengecekan jalur tersebut dilakukan untuk meminimalisir potensi kecelakaan ataupun gangguan saat arus mudik berlangsung,” ujar Aang.

Ia menyebutkan jika koordinasi dan kolaborasi dengan Jasa Raharja, Kementerian Perhubungan, Dishub Kabupaten Garut, dan pihak terkait masih terjalin sangat baik untuk mengantisipasi potensi kecelakaan lalu lintas dan gangguan arus mudik dan balik lainnya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *