Nasional

Siaga 98 Dukung Menteri Erick Thohir Reformasi Pengelolaan Dana Pensiun BUMN

×

Siaga 98 Dukung Menteri Erick Thohir Reformasi Pengelolaan Dana Pensiun BUMN

Sebarkan artikel ini
Erick Thohir (kiri) dan Hasanuddin.

GOSIPGARUT.ID — Langkah Menteri BUMN, Erick Thohir bekerjasama dengan Kedeputian Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam pencegahan korupsi dan perbaikan sistem dana pensiun adalah langkah yang tepat dan perlu mendapat dukungan luas.

Sebab, Menurut Koordinator Simpul Aktivis Angkatan 98 (Siaga 98) — Hasanuddin, dana pensiun BUMN termasuk bagian dari keuangan negara dengan jumlah yang besar dan melibatkan banyak orang. Di mana, dalam prakteknya pengelolaan dana ini terindikasi diselewengkan yang berdampak pada kerugian keuangan negara dan nasib para pensiunan BUMN di hari tua.

Ia menambahkan, investasi dana pensiun yang dilakukan dengan tidak profesional menyebabkan kebocoran dan kerugian keuangan negara. Oleh karena itu, pihaknya mendukung audit investigatif yang dilakukan Kementerian BUMN, karena dengan cara ini evaluasi dan reformasi dana pensiun untuk perbaikan sistem dapat dilakukan dengan benar dan tepat.

Baca Juga:   Pulau Jawa Rentan Terdampak Banjir, BMKG Sebut Penurunan Tanah Jadi Pemicunya

“Menteri BUMN Erick Thohir telah merilis bahwa 65 persen dana pensiun bermasalah. Kami berharap hasil audit investigatif ini selain ditujukan bagi perbaikan sistem, juga dilakukan penindakan hukum agar ada efek kehati-hatian dalam pengelolaannya di masa depan,” kata Hasanuddin, Kamis (19/1/2023).

Ia menandaskan, Siaga 98 mendukung prioritas ini. Selanjutnya, Kementerian BUMN dapat segera mengatasi dan mengambil langkah yang cepat dan prosedural guna menyelesaikan kewajiban dana pensiun yang belum dibayarkan beberapa BUMN kepada pensiunan.

Baca Juga:   KPK Buka Opsi Periksa Muhaimin Iskandar Soal Penyidikan di Kemenaker

“Jangan sampai peristiwa dana pensiun Perkebunan (PTPN VIII) yang telat dibayarkan tidak tuntas diselesaikan dan terulang,” harap Hasanuddin.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *