oleh

Bupati Rudy Berharap Stasiun KA di Garut Beroperasi Sebelum Hari Kemerdekaan RI

GOSIPGARUT.ID — Bupati Rudy Gunawan berharap stasiun kereta api (KA) di Garut bisa beroperasi sebelum hari Kemerdekaan Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 2021.

“Saya berharap ini tidak terlalu lama. Sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus ini sudah bisa dilaksanakan,” kata dia, saat menerima kunjungan dari jajaran Direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait kesiapan sarana dan prasarana jalur kereta api di Kabupaten Garut, serta kesiapan infrastruktur yang ada di Stasiun Garut, Sabtu (15/5/2021).

Rudy meminta warga Garut untuk senantiasa menjaga jalur KA yang sebentar lagi akan aktif kembali setelah puluhan tahun lamanya tidak beroperasi.

“Untuk warga Garut kami minta kembali untuk sepanjang jalur ini menjaga, sekali lagi menjaga untuk bisa suksesnya kereta api Garut ke Bandung, Jakarta ke Yogya dengan konektivitas dan sebagainya,” ujarnya.

Baca Juga:   Nakes Terpapar Covid-19, Dua Puskesmas di Garut Ditutup Sementara

Rudy mengatakan, kedatangan Direksi PT KAI ke Garut sebagai bukti komitmen PT KAI dalam reaktivasi jalur kereta api di Kabupaten Garut.

“Hari ini, Alhamdulillah kita menerima kedatangan direksi dari PT KAI yang ini membuktikan PTĀ  KAI memberikan komitmen kepada masyarakat Garut untuk memperlancar arus barang, arus orang, terutama perekonomian dengan mempersiapkan sarana prasarana menyangkut perjalanan kereta api dari Stasiun Garut menuju Stasiun Bandung, Jakarta atau kemanapun dengan konektivitas,” katanya.

Baca Juga:   Pernyataan Bupati Garut Soal Penyebab Banjir Leles Spekulatif

Sementara itu, menurut Direktur Niaga PT KAI, Dadan Rudiansyah, Stasiun Garut sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang.

“Jadi hari ini kami bersama dengan Direktur Prasarana dan Kepala Daerah Operasi 2 Bandung berkunjung ke Stasiun Garut, tentunya kami akan melihat kesiapan baik prasarana maupun sarana di Garut,” kata dia.

Dadan menambahkan, pihaknya
melihat kalau di sisi prasarana semuanya sudah jalan. Pihaknya pun melihat bahwa gedung stasiunnya sudah siap 100 persen untuk dioperasikan dan melayani penumpang.

Terkait tanggal operasi untuk Stasiun Garut, ia menyebutkan baik pihaknya maupun Bupati Garut saat ini sedang mengupayakan agar bisa beroperasi secepatnya.

Baca Juga:   Bupati Rudy: PSBB di Garut Diperpanjang Hingga Dua Minggu ke Depan

“Sebetulnya kami sedang upayakan, Pak Bupati juga langsung sudah menghadap ke Kementerian Perhubungan melalui Pak Dirjen Perkeretaapian, insyaallah kami upayakan secepatnya. Kami juga sebetulnya ingin segera (jalur) dioperasikan,” ucap Dadan.

Ia berharap, adanya reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut ini mampu meningkatkan taraf perekonomian di Kabupaten Garut.

“Harapannya dengan adanya jalur reaktivasi dari Cibatu ke Garut dan juga beroperasinya beberapa stasiun ini diharapkan kami bisa membantu lebih meningkatkan lagi taraf perekonomian di Garut,” kata Dadan. (Yan AS)

Komentar

Berita Terkait