oleh

Baru Tiga Hari Dilantik, Empat Pejabat Pemkab Garut Dimutasi Lagi

GOSIPGARUT.ID — Memasuki tahun 2020, Bupati Garut Rudy Gunawan langsung melakukan perombakan besar-besaran jajaran pejabat di lingkungan Pemkab Garut. Semua ‘kena’, dari kalangan pejabat administrasi maupun pengawas.

Mutasi dan rotasi para pejabat bahkan dilakukan Rudy sejak akhir Desember 2019. Alasannya, demi peningkatan kapasitas kelembagaan, dan pola pengembangan karir kepegawaian aparatur sipil negara (ASN). Kata dia, semuanya bertujuan untuk peningkatan pelayanan masyarakat, khususnya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Garut yang saat ini masih tertinggal dibandingkan daerah lain.

Ironisnya, belakangan diketahui, di tengah pelaksanaan rotasi dan mutasi pejabat tersebut, terdapat sejumlah pejabat yang baru tiga hari dilantik, tiba-tiba kembali dilantik dalam jabatan lain alias dipindahtugaskan tanpa alasan jelas. Mereka juga baru saja berbenah tempat kerja tanpa sempat menjalankan tugas barunya itu.

Mereka antara lain Heru Heriyadi, Hari Wardana, Budi Cahyono, dan Yugo Wibisono. Keempatnya baru saja dilantik Bupati Rudy pada Kamis (2/1/2020) bersama sebanyak 95 pejabat Pemkab Garut lainnya di Lapang Apel Sekretariat Daerah (Setda) Garut Jalan Pembangunan.

Baca Juga:   Legislator Senayan Meminta Pemkab Garut Bangun SDM untuk Pariwisata

Heru dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda dari semula sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Pengadaan pada Setda.

Hari Wardana dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda dari semula sebagai Kepala Sub Bagian Pertanian dan Sumber Daya Alam pada Setda.

Budi Cahyono dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan LPSE pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda.

Yugo Wibisono dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pembinaan dan Advokasi Pengelolaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda dari semula sebagai Kepala Sub Bagian Layanan Pengadaan pada Setda.

Baca Juga:   Garut Akan Gelontorkan BTT Rp30 Miliar untuk Penanganan Bencana Alam

Akan tetapi baru tiga hari dilantik, pada Senin (6/1/2020), keempat pejabat tersebut kembali dilantik Rudy dalam jabatan berbeda dari sebelumnya. Mereka dilantik bersama delapan pejabat Pemkab Garut lainnya bersamaan Apel Gabungan di Lapang Setda Garut.

Heru Heriyadi dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan LPSE pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa pada Setda Garut. Hari Wardana dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda. Yugo Wibisoni dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda. Budi Cahyono dilantik sebagai Kepala Sub Bagian Pembinaan dan Advokasi Pengelolaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda.

Baca Juga:   15 Truk Baru Disebar ke Kecamatan di Garut untuk Atasi Sampah

“Kok bisa ada kejadian seperti ini, ya? Mutasi rotasinya seperti tak serius, bisa enggak cermat begini,” kata salah seorang pegawai di lingkungan Pemkab Garut heran.

Usai melantik para pejabat tersebut, Bupati Rudy mengatakan rotasi, dan mutasi merupakan hal biasa dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pengembangan karier kepegawaian seorang ASN di lingkungan Pemkab Garut.

Sehingga mesti dimaknai sebagai usaha untuk melakukan pembenahan, dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas, dan pelayanan publik agar tetap berjalan untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan prioritas Pemkab Garut.

”Saya berharap pejabat yang dilantik saat ini memiliki wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan inovasi positif melalui pemikiran yang kreatif dan inovatif demi kemajuan Kabupaten Garut ke depan,” ujar Rudy.(IK/Zainulmukhtar)

Komentar

Berita Terkait