Budaya

Kenapa Garut Disebut “Kota Intan”? Inilah Asal Usulnya

×

Kenapa Garut Disebut “Kota Intan”? Inilah Asal Usulnya

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Kota Garut.

GOSIPGARUT.ID — Istilah “Garut Kota Intan” kini tengah ramai diperbincangkan sejumlah warganya. Menyusul dengan munculnya penamaan Kota Garut sebagai “Kota Dodol” yang dipampang pada tugu Adipura di taman Bunderan Tarogong, banyak warga lantas bertanya sejak kapan ikon Garut sebagai “Kota Intan” diganti oleh “Kota Dodol”.

Pro kontra pun muncul di laman media sosial seputar bergantinya ikon Kota Garut tersebut. Namun yang akan diulas di sini, dari mana awal mulanya ikon “Kota Intan” yang dimiliki Garut?

Pada umumnya setiap daerah dan kota di Indonesia memiliki ikon-ikon dengan ciri khas yang menjadi daya tarik. Keanekaragaman budaya nusantara, kondisi geografis, budaya dan produktifitas masyarakat membuat setiap wilayah memiliki julukan tersendiri.

Baca Juga:   Setiap Hari di Garut Ada 10 Janda Baru, Apa Sebabnya?

“Swiss Van Java” adalah julukan yang disandang Kota Garut yang dilatar belakangi oleh keindahan panorama alam yang menyerupai Switzerland (Swiss). Sebuah kota yang dikelilingi oleh gunung-gunung vulkanik, sehingga memberikan hawa sejuk dan tentu saja pemandangan yang memanjakan mata karena keindahannya.

Pada abad ke-20, Garut sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Bukan hanya wisatawan domestik, melainkan juga wisatawan dari mancanegara. Bahkan pada saat itu sudah terdapat banyak penginapan-penginapan serta adanya pengelolaan pariwisata yang cukup mumpuni.

Baca Juga:   Hari Kedua Razia Masker di Garut, Petugas Menindak 143 Pelanggar

Selain penginapan, Garut telah memiliki Tourist Bureau yang berlokasi di depan Stasiun Garut. Tourist Bureau ini bertujuan membantu para wisatawan untuk mendapatkan informasi tentang Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *