oleh

Siswi SMP Plus Hikmah Juara Lomba Panahan di Garut

GOSIPGARUT.ID — Prestasi gemilang diraih SMP Plus Hikmah Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, dalam lomba panahan. Pada kejuaraan yang bertajuk “Lomba Panahan Tradisional Horebow” dan diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Negri 2 Garut, Minggu (28/04/2019), SMP ini jadi juara.

Dari empat peserta yang dikirim SMP Plus Hikmah, seorang peserta di antaranya mampu mempersembahkan hasil terbaik, yakni Melani Agustin siswi kelas IX yang menyabet juara 3 lomba memanah tingkat SMP dan SMA tersebut.

Perlombaan yang dimulai pukul 08.30 WIB hingga sore itu, berlangsung sangat semarak karena peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari tingkat SMP saja, tetapi juga diikuti peserta dari tingkat SMA. Kejuaraan tersebut juga menarik karena berskala regional yang diikuti peserta se-Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Sesuai Capaian KPU, Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 di Garut 79,95%

Saat ditanya tentang kiat sukses menjadi juara 3, Nuriman S. ST, Guru Pembina SMP Plus Hikmah mengaku bahwa anak didiknya memang memiliki tekad yang kuat, semangat berlatih yang tinggi, dan doa yang tekun. Hal itulah yang menurutnya menyebabkan Melani Agustin pantas menjadi juara.

“Anak didik kami memang giat berlatih setelah pulang sekolah. Tak ada rasa lelah sedikit pun ketika berlatih meskipun sebelumnya mereka belajar di kelas seharian. Kami juga senantiasa mengingatkan mereka supaya berdoa yang tekun. Alhamdulillah, usaha dan doa yang dilakukan telah membuahkan hasil,” ujarnya.

Baca Juga:   Masyarakat Garut Diminta Sadar Ancaman Bencana Alam

Menyitir hadist Nabi, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). Lalu, ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim).

Bahwa olahraga memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dari hadits tersebut, terlihat dengan jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

“Kami tak ingin berhenti sampai ini saja. Kami akan meningkatkan kualitas dan kuantitas atlet panahan dari sekolah kami,” pungkasnya. (MD Sumarna)

Komentar

Berita Terkait