Olahraga

Kejurda Catur Jawa Barat Digelar di Garut, Dispora Berharap Hasilkan Atlet Berprestasi

×

Kejurda Catur Jawa Barat Digelar di Garut, Dispora Berharap Hasilkan Atlet Berprestasi

Sebarkan artikel ini
Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat Provinsi Jawa Barat yang berlangsung di Hotel Tirta Kencana, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (27/5/2024). (Foto: Sofyan Fauzi)

GOSIPGARUT.ID — Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Jawa Barat mengadakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur tingkat Provinsi Jawa Barat di Hotel Tirta Kencana, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Senin (27/5/2024). Kejuaraan ini diikuti oleh 236 peserta berusia 6-19 tahun dari 25 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Ade Hendarsyah, mengungkapkan rasa bangganya karena Kabupaten Garut dipercaya sebagai tuan rumah Kejurda Catur tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. Ade menyatakan bahwa catur merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di masyarakat.

“Mungkin Pak Ketua Percasi Garut dan Pak KONI tahu kita sering mengadakan kejuaraan, tapi untuk jadi tuan rumah tingkat Jawa Barat mungkin baru tahun ini ya, kita dipercaya jadi tuan rumah,” kata Ade.

Baca Juga:   Selama 11 Bulan Terakhir, 63 Guru Bantu di Garut Tidak Digaji Sepeser Pun

Ade berharap Kejurda Catur ini dapat menghasilkan atlet-atlet berprestasi dari masing-masing kabupaten/kota. Selain itu, ia melihat kegiatan ini sebagai upaya pembinaan dan evaluasi terhadap latihan yang telah dilakukan di masing-masing daerah.

“Selain tentu saja kepentingan provinsi menyiapkan atlet-atletnya untuk tingkat nasional bahkan mungkin aja di event-event internasional,” tambahnya.

Ade juga menginginkan agar kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian Kabupaten Garut dengan menghadirkan banyak peserta dari luar kabupaten.

Baca Juga:   Atlet eSport Garut Diberi Pembekalan untuk Wakili Jabar di PON Papua

“Kemudian juga mudah-mudahan mendapatkan kesan positif bagi peserta di luar Kabupaten Garut,” ujarnya.

Ketua Percasi Provinsi Jawa Barat, Deni Nurdyana, menjelaskan bahwa kejuaraan ini adalah bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan oleh Percasi Provinsi Jawa Barat dan Percasi Kabupaten Garut untuk melahirkan tokoh-tokoh catur baru di Indonesia. Jawa Barat sendiri, kata Deni, selalu meraih gelar juara di hampir setiap pertandingan tingkat nasional.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *