oleh

Bawaslu Garut akan Tindak Tegas Pelaku Money Politics

GOSIPGARUT.ID — Memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut himbau masyarakat untuk berperan aktif melakukan pengawasan pelanggaran pemilu dan mau melaporkan jika melihat atau menemukan kasus money politics.

Ketua Bawaslu Kabupaten Garut, Ipa Hafsiah, menegaskan, pihaknya akan melakukan tindakan tegas jika ada dari calon peserta Pemilu 2019 yang melakukan pelanggaran. Menurutnya, Bawaslu berwenang untuk memberikan rekomendasi pembatalan sebagai pasangan calon anggota legislatif bila yang bersangkutan melakukan praktik money politics.

“Kami akan melakukan tindakan sebagai mana pasal tentang administrasi secara tegas,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (14/4/2019).

Baca Juga:   Pengamat Unpad: Perilaku Andi Arief Bisa Jadi Bumerang Bagi Demokrat

Ipa pun mengingatkan, jika ada peserta calon Pemilu tahun 2019 ada yang melakukan pelanggaran money politics maka Bawaslu bisa menetapan sanksi pidana.

“Kami akan tindak jika ada paslon atau caleg yang melakukan pelanggaran money politics sesuai Pasal 523 ayat 1 sampai 3 UU nomor 7 tahun 2017″ ucapnya.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya money politics, Bawaslu Kabupaten Garut telah menggerakan tim Patroli yang terus beredar hingga Hari H pencoblosan. (Rmol/Gun)


Komentar

Berita Terkait