oleh

Warga di Pelosok Garut Selatan Salut Legislator PKB Ini Mau “Saba Kampung”

GOSIPGARUT.ID — Anggota DPRD Garut kembali turun menyambangi kontituennya untuk menyerap aspirasi. Kegiatan yang disebut reses itu, berlangsung dari tanggal 1 sampai 11 Maret 2019.

Merespon kegiatan tersebut, tidak sedikit warga yang mengaku senang karena bisa bertatap muka dengan wakilnya, sekaligus curhat soal keluhan, keresahan, dan harapan yang dirasakannya.

Lebih-lebih bagi sebagian warga di pelosok Garut Selatan. Jika ada kegiatan reses anggota DPRD, mereka selalu bangga dan salut terhadap legislator dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H. Alit Suherman, karena mau menyambangi warga yang berada jauh di pedalaman.

“Yang saya tahu, anggota legislatif dari daerah pemilihan (Dapil) Garut 3, baru Pa Haji Alit Suherman yang selalu ‘saba kampung’ dalam setiap kegiatan resesnya. Ia sering kali mendatangi warga yang jauh di pelosok, yang tidak dikunjungi anggota legislatif lainnya dan aspirasinya tidak pernah didengar,” kata Asep Anwar, warga Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Garut Selatan.

Menurut dia, keberadaan Desa Cikarang cukup jauh dari pusat kota Kecamatan Cisewu, sekitar 14 kilometer. Daerah ini berpuluh-puluh tahun menjadi daerah terisolasi karena akses jalan kendaraan, baik roda dua apalagi roda empat, tidak ada.

Baca Juga:   Menghidupkan Kembali Rel Kereta Api Mati di Wilayah Jabar

“Dulu, jangankan orang jauh dari luar daerah, sementara orang di dalam Cisewu pun sudah enggan kalau harus datang ke Desa Cikarang. Sebab, selain harus jalan kaki, juga medan perjalanannya cukup berat,” tambah Asep.

Warga Desa Cikarang yang hadir pada acara reses anggota DPRD Garut, H. Alit Suherman, Minggu (3/3/2019). (Foto: Istimewa)

Ia menambahkan, sejak jalan ke Cikarang dapat dimasuki kendaraan roda empat (mobil) pada enam tahun silam, maka banyak pihak yang ingin bertamu ke desa potensial komoditas pertanian itu pun mulai berdatangan. Termasuk legislator PKB, Alit Suherman. Bahkan pada acara reses hari Minggu kemarin (3/3/2019), Alit datang bersama rekan sefraksinya yaitu Dadan Hidayatulloh.

Baca Juga:   KPU Jabar: Kegiatan Reses Anggota Legislatif Harus Bebas dari Kampanye

“Katanya, pada Pileg 17 April mendatang, Pak Alit ikut bertarung juga memperebutkan kursi DPRD Garut dari Dapil 3. Untuk saya sih berharap banyak agar Pak Alit terpilih kembali,” ujar Asep yang diamini oleh warga Cikarang lainnya Ai Entin.

Legislator Alit Suherman, yang juga Ketua Komisi A DPRD Garut membenarkan jika pada reses kali ini ia membawa rekan sefraksinya, Dadan Hidayatulloh, ke Desa Cikarang. Maksud diajaknya Dadan ke sana, semata-mata bahwa Ketua DPC PKB Kabupaten Garut itu mau tahu kondisi alam Desa Cikarang dari dekat.

Selebihnya, mensuport Alit agar selalu mau menyambangi warga di pedalaman untuk menyerap aspirasinya. Karena suara warga di pedalaman juga wajib didengar para anggota DPRD. “Kan itulah tugas pokok anggota DPRD dalam reses juga, selain bersilaturahmi dengan masyarakat apalagi yang jauh di pelosok,” kata Alit lewat pesan WatsApp, Senin (4/3/2019).

Baca Juga:   Jadi Legislator, Aris Munandar Ucapkan Terimakasih Atas Kepercayaan Masyarakat

Kepada warga Desa Cikarang, Alit pun menyampaikan seputar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) anggota DPRD, menyampaikan informasi gambaran umum tentang kondisi Kabupaten Garut. “Di sana kami tampung aspirasi para pemuda, karangtaruna, komunitas olahraga, dan kelompok tani dalam rangka meningkatkan pemberdayaannya,” ujar dia.

Selain di Desa Cikarang, hal serupa juga dilakukan ketika menyambangi tokoh-tokoh di Desa Sukajaya, kelompok nelayan di Desa pamalayan, warga di Desa Cigadog dan Kertamukti, Kecamatan Cikelet. (Gun/Fj)

Komentar

Berita Terkait