Jawa Barat

Wow… Akan Dibangun Enam Danau Buatan di Wilayah Timur Bandung, Ini Sederet Fungsinya

×

Wow… Akan Dibangun Enam Danau Buatan di Wilayah Timur Bandung, Ini Sederet Fungsinya

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Danau buatan.

GOSIPGARUT.ID — Bupati Bandung Dadang Supriatna usai Lebaran Idul Fitri 2024 berencana akan mulai membangun enam danau buatan (embung), sebagai bagian dari penanggulangan dan solusi penanganan banjir di Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Menurut Dadang, lahan untuk danau buatan itu sudah ada hibah dari para pengusaha. Pembangunan enam embung-embung di wilayah timur Kabupaten Bandung tersebut akan dilaksanakan secara bertahap.

“Karena menunggu APBD lama, sehingga pembangunan embung-embung itu rencananya melalui pentahelix dengan menggunakan anggaran CSR. Karena pembangunan embung-embung sangat dibutuhkan masyarakat, untuk penanggulangan banjir,” kata dia, Minggu (31/3/2024).

Baca Juga:   Moratorium Pemekeran Daerah Segera Cabut, Ambil Contoh Keberhasilan Banjar dan Pangandaran

Dadang juga meminta bantuan kepada BBWSC (Balai Besar Wilayah Sungai Citarum) terkait dengan program teknisnya, supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengerjaan pembangunan danau buatan tersebut.

Mengingat danau itu dibuat multifungsi, selain untuk sarana pengolahan air minum, tempat wisata, juga untuk tempat penampungan air.

“Dengan harapan di saat hujan tinggi tidak terjadi genangan. Karena pembangunan embung-embung itu sebagai solusi penanggulangan banjir,” ujarnya.

Baca Juga:   Di Jalur Bandung -- Garut Selatan Ini Terdapat Rumah Angker, "Vila Merah"

Dadang menyebutkan, minimal ada enam danau buatan di Kabupaten Bandung. Untuk mempercepat pembangunan embung-embung, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendapatkan respon.

“Kawasan Tegalluar akan menjadi kawasan perkotaan yang tak bisa dihindari, sehingga harus ada peningkatan dan perbaikan infrastruktur. Salah satunya dengan pembangunan danau buatan,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *