Politik

Bawaslu Garut Sedang Mencari Pelaku Utama yang Menyuruh Anggota Satpol PP Buat Video Dukungan Cawapres

×

Bawaslu Garut Sedang Mencari Pelaku Utama yang Menyuruh Anggota Satpol PP Buat Video Dukungan Cawapres

Sebarkan artikel ini
Kantor Bawaslu Kabupaten Garut. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Garut sedang berupaya mencari orang (pelaku utama) yang menyuruh 13 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut membuat video dukungan terhadap calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka.

“Salah satunya itu (siapa yang menyuruhnya),” kata Ketua Bawaslu Garut Ahmad Nurul Syahid kepada wartawan, Rabu (10/1/2024).

Ia menuturkan Bawaslu Garut saat ini sedang melakukan pemeriksaan terhadap seluruh anggota Satpol PP Garut yang berada dalam video tersebut secara bertahap, termasuk nanti siapa yang merekam, dan menyebarkannya.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu di Bukit Alamanda

Pemeriksaan itu, kata Ahmad, tidak hanya memintai keterangan terkait netralitas anggota Satpol PP Garut, melainkan untuk mencari tahu siapa yang menyuruh mereka membuat video menyampaikan dukungan kepada salah satu cawapres.

“Tadi awalnya kita duga perekaman itu dengan cara disimpan, ternyata ada yang merekam, sehingga berjumlah 14 orang, yakni 13 orang yang ada di video dengan orang yang merekam, jadi 14 orang, itu sudah dipastikan kita panggil,” katanya.

Baca Juga:   Baru Enam Partai Politik yang Mendaftarkan Bacaleg ke KPU Garut

Ahmad menyampaikan pemeriksaan lainnya terhadap anggota Satpol PP Garut itu terkait alasan membuat video di tempat sarana pemerintah yang secara aturan itu tidak boleh terjadi, apalagi dilakukan oleh anggota Satpol PP.

“Kita gali secara keseluruhan, yang pertama dari mulai sarana pemerintahan,” ujarnya.

Ahmad mengatakan kasus anggota Satpol PP Garut itu disangkakan pada dua pasal yakni Pasal 280 (3) Jo Pasal 494 dan Pasal 283 UU 7/2017 tentang Pemilu dengan ancaman kurungan 1 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Telah Periksa Caleg yang Berkampanye di Acara Mentan
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *