Berita

Diduga Ada Kebijakan yang Salah, Warga Miskin Ekstrem di Garut Seperti Tikus Mati di Lumbung Padi

×

Diduga Ada Kebijakan yang Salah, Warga Miskin Ekstrem di Garut Seperti Tikus Mati di Lumbung Padi

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Kemiskinan ekstrem.

GOSIPGARUT.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat mencatat di tahun 2022 ada sekitar 82,17 ribu orang dari 2,6 juta jiwa penduduk Garut masuk katagori miskin ekstrem. Jumlah tersebut meningkat sekitar 52 ribu jiwa dibandingkan pada tahun 2021 yang hanya 30,32 ribu jiwa.

Jumlah warga miskin ekstrem di Kabupaten Garut yang melonjak naik membuat prihatin banyak pihak. Apalagi Kabupaten Garut adalah daerah yang subur dan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Namun ironisnya masyarakat miskin ekstrem menempati peringkat ke dua di Jawa Barat.

“Kabupaten Garut adalah daerah yang subur memiliki sumber daya alam yang melimpah, mengapa warganya bisa miskin ekstrem? Ibarat tikus mati di lumbung padi, ini berarti ada kebijakan yang salah,” ungkap praktisi hukum sekaligus sebagai Ketua DN KPA Yudi Kurnia saat dimintai tanggapan oleh GOSIPGARUT.ID, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga:   Pejabat Garut Dinilai Miskin Empati, Semua Diam Saat Rumah Warga Dirobohkan Rentenir

Ia menambahkan, kebijakan yang salah semakin salah kaprah ketika para pejabatnya malah studi banding ke luar negeri. Kata Yudi, studi banding bisa dilakukan jika negara tujuan memiliki potensi yang sama, budaya yang sama dan masyarakatnya sejahtera.

“Jika ke Eropa, mereka tidak memiliki kekayaan sumber daya alam dan justru bisa kaya karena mengambil sumber daya alam dari kita,” tandas Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) itu.

Baca Juga:   Ketua Apdesi Bayongbong Bantah Tudingan Miring dari Kades Ciela

Menurut Yudi, untuk mengatasi masyarakat miskin ekstrem bukan dengan studi banding, tetapi dilakukan kajian secara konprehensif apa permasalahannya dan apa potensi yang ada di masyarakat sekitar miskin ekstrem yang bisa dikembangkan sehingga kebijakan yang dikeluarkan tepat sasaran.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *