Kesehatan

Layani Warga Miskin, Puskesmas Cihurip Kunjungi Rumah dan Jemput Bola Pasien

×

Layani Warga Miskin, Puskesmas Cihurip Kunjungi Rumah dan Jemput Bola Pasien

Sebarkan artikel ini
Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi warga miskin, Puskesmas Cihurip, Kabupaten Garut, rutin melakukan kunjungan rumah dan jemput bola pasien. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan bagi warga miskin yang ada di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, puskesmas setempat rutin melakukan kunjungan rumah dan jemput bola pasien terutama bagi yang jauh dari fasilitas kesehatan.

Kepala Puskesmas Cihurip, Aat Sapaat, SKM, M. Kes mengatakan, dengan puskesmas kriteria terpencil pihaknya hanya memiliki wilayah kerja sebanyak empat desa. Secara geografis, Kecamatan Cihurip berupa daerah pegunungan dan masih ada kampung yangg akses ke puskesmas masih sulit dan sangat jauh.

“Dari kampung tersebut perjalanan menuju puskesmas harus memutar melewati kecamatan lain (Cisompet), meskipun untuk sarana transportasi antar desa sudah relatif baik,” jelas dia, Ahad (11/6/2023).

Baca Juga:   Spesialis Jantung Ingatkan Para Ibu Agar Tak Merokok Saat Hamil, Akibatnya Bisa Fatal

Aat mengatakan, kunjungan rumah dan pelayanan jemput bola menjadi salah satu pelayanan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat miskin di wilayah kerjanya.

Salah satu contoh, pihaknya melakukan kunjungan rumah dan edukasi kepada pasien dengan penyakit berat di desa-desa. Lewat edukasi yang diberikan pihaknya sehingga pasien bersangkutan mau mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Cihurip.

Baca Juga:   Setelah Rumahnya Terbakar, Kini Idah Wati Tinggal di Tempat Mirip Kandang Kambing

“Kami juga melakukan kunjungan rumah bagi pasien miskin dengan suspec orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Desa Mekarwangi,” kata dia.

Aat menerangkan, untuk memberikan pelayanan bagi pasien miskin dengan jemput bola, sebelumnya pihaknya melakukan pemantauan dan skrining penyakit oleh nakes yang ada di desa masing-masing. Setelah itu pihaknya melakukan kunjungan rumah dan pelayanan bagi pasien miskin tersebut.

Baca Juga:   Kota Tasikmalaya Miliki Gedung Faskes di Kawalu, Begini Kata Sekda Ivan Dicksan
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *