Wisata

Banyak Potensi Wisata Unggulan, di Pantai Selatan Garut Harus Ada Pembenahan Aksesibilitas

×

Banyak Potensi Wisata Unggulan, di Pantai Selatan Garut Harus Ada Pembenahan Aksesibilitas

Sebarkan artikel ini
Pantai Rancabuaya, salah satu potensi wisata unggulan di sepanjang pantai selatan Garut. (Foto: Yan AS)

GOSIPGARUT.ID — Banyak potensi pariwisata di Pantai Selatan Kabupaten Garut. Di sepanjang 75 kilometer pantai selatan Garut itu, terdapat sejumlah destinasi wisata pantai unggulan, mulai dari Pantai Sayangheulang, Santolo, Rancabuaya, Cijeruk, hingga Sancang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Agus Ismail, mengatakan, potensi tersebut harus dikembangkan dengan membenahi infrastruktur dan aksesibilitas. Pasalnya, sektor pariwisata memiliki multiplier effect terhadap sektor lain dan dapat menggerakkan perekonomian.

Namun, menurut dia, pengembangan destinasi di Garut Selatan membutuhkan perhatian yang cukup besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) maupun pemerintah pusat.

Baca Juga:   PSBB Diperpanjang, Pemkab Garut Izinkan Tempat Wisata Buka

“Kita berharap apa yang telah menjadi komitmen bersama kita, baik itu Pemkab Garut dan Pemprov Jabar, termasuk pusat, terkait implementasi Perpres Nomor 87 Tahun 2021 itu (tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Jabar Bagian Selatan) segera ditindaklanjuti,” kata dia melalui siaran pers, Selasa (23/8/2022).

Menurut Agus, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk pengembangan Jabar Selatan adalah dengan Jalan Jabar Tengah-Selatan. Jalan itu disebut akan mendorong pergerakan orang, peningkatan aksesibilitas, khususnya potensi-potensi yang ada di wilayah selatan yang selama ini belum tergali optimal.

Baca Juga:   Disiapkan Rp10 Miliar dari APBD Garut untuk Pengembangan Desa Wisata

Ia mengatakan, Pemkab Garut saat ini juga terus berupaya meningkatkan aksesibilitas. Dia berharap, dengan adanya aksesibilitas yang memadai, merupakan poin penting dalam pegembangan potensi di Garut Selatan dapat terangkat.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *