oleh

Terkendala Jalan Rusak, Penyaluran Bantuan Sembako ke Pelosok Cisewu Tidak Mulus

GOSIPGARUT.ID — Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang beralih nama menjadi program sembako pada tahun 2020 di Desa Girimukti, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, masih terkendala oleh buruknya infrastruktur jalan. Akibatnya, penyaluran bahan sembako ke desa paling dalam di sebelah utara itu tidak berjalan mulus.

Salah seorang suplayer program sembako, Herman Budianto, mengeluhkan hal tersebut. Terutama untuk jalan yang menghubungkan dua desa, yaitu Mekarsewu dengan Girimukti. Kondisinya rusak berat, sehingga untuk mengirimkan bahan sembako sering terjadi kelambatan dan harus bergelut dengan ancaman bahaya.

“Saya merasakan betul bagaimana sulitnya mengirimkan bahan sembako di atas jalan rusak berat. Saya pun harus berkerja ekstra hati-hati. Sebab jika tidak, kendaraan yang saya bawa bisa terguling atau terperosok ke jurang,” kata dia, Selasa (23/6/2020).

Baca Juga:   Injak Kitab, Pria di Garut Terancam Hukuman Enam Tahun Penjara

Herman mencontohkan, seperti ketika melewati tanjakan Citepus, sebuah tanjakan berat dan tajam di jalan menuju Desa Girimukti. Armada pembawa sembako yang dibawanya harus mundur sampai lima kali karena kondisi jalan yang curam dan licin.

“Yang namanya kendaraan mogok di tengah jalan akibat kerusakan suku cadang sudah tidak terhitung lagi. Namun sampai terjadi kecelakaan bahkan mendatangkan korban jiwa, alhamdulillah hingga kini belum kejadian,” ujar suplayer asli Garut Selatan ini.

Baca Juga:   Rem Blong Saat Lintasi Turunan Tajam, Pajero Hantam Rumah Warga di Cisewu

Senada dengan Herman dilontarkan Kusnawan, salah seorang agen BPNT Desa Girimukti. Ia mengatakan, kondisi tanjakan Tepus sangat tidak layak dilewati, apalagi oleh suplayer sembako. Sebab barang seperti telur banyak yang rusak atau pecah.

“Dan jika terjadi kerusakan atau pecah, maka kami lah yang harus bertanggungjawab untuk menggantinya,” ujar dia.

Menurut Herman dan Kusnawan, masyarakat mengharapkan agar jalan yang menghubungkan Desa Mekersewu – Girimukti untuk diperbaiki sehingga layak dan nyaman untuk dilewati berbagai jenis kendaraan.

Baca Juga:   Korwil Pendidikan Cisewu Berkantor Megah Berkat Iuran Para Guru

“Besar harapan kami kepada pemerintah Desa Mekarsewu dan Girimukti dapat membangun jalan penghubung kedua desa tersebut, agar tidak ada lagi kendala rusak barang yang dialami oleh para pengusaha,” kata Herman. (Anggi Pebriana)

Komentar

Berita Terkait