Nasional

Polri Ungkap 77 Kasus Hoaks Soal Covid-19, Enam di Jawa Barat

×

Polri Ungkap 77 Kasus Hoaks Soal Covid-19, Enam di Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Berita hoaks.

GOSIPGARUT.ID — Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada 77 kasus hoaks mengenai Covid-19 di media sosial yang ditangani Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri dan Polda jajaran selama kurun waktu 30 Januari hingga 6 April 2020, enam diantaranya di Jawa Barat.

Ada 77 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dari 77 kasus itu. “Hingga kemarin, sudah ada 77 orang yang kami proses. Semuanya masih berjalan,” kata Komjen Sigit, Selasa (7/4/2020).

Rincian kasus hoaks COVID-19 yang ditangani tersebut Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangani enam kasus, Polda Kalimantan Timur empat kasus, Polda Kalbar empat kasus, Polda Sulsel empat kasus, Polda Jawa Barat enam kasus, Polda Jawa Tengah empat kasus.

Baca Juga:   Kasus Konten Pornografi "Kebaya Merah" Siap Disidangkan, Tersakanya Sudah Jadi Tahanan Jaksa

Polda Jawa Timur dan Polda Metro Jaya masing-masing menangani 11 kasus, Polda Lampung lima kasus, Polda Sumatera Selatan dan Polda Sumatera Utara masing-masing tiga kasus, ‎Polda Bengkulu dan Polda Maluku masing-masing dua kasus, Polda NTB empat kasus.

Polda Sulawesi Tenggara, Polda Kalimantan Utara, Polda Kepri, Polda Sulawesi Utara, Polda Sulawesi Tengah, Polda Aceh, Polda Papua dan Polda Sulawesi Barat masing-masing menangani satu kasus.

Baca Juga:   Pendaftaran Lowongan Pegawai Pemerintah dengan PK Mulai Jumat Besok

Dari 77 tersangka dalam kasus hoaks covid-19 tersebut, 12 orang di antaranya ditahan. Sementara 65 orang tidak ditahan.

Rincianya, 12 tersangka yang ditahan itu terdiri dari dua tersangka kasusnya ditangani Bareskrim Polri, satu orang kasusnya di Polda Kalbar dan sembilan orang kasusnya ditangani di Polda Metro Jaya. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *