oleh

Omzet Pedagang di Festival Baso Aci Garut Capai Jutaan Rupiah

GOSIPGARUT.ID — Sejumlah pedagang bakso aci mampu meraih omzet jutaan rupiah per hari dalam keikutsertaan kegiatan kuliner Festival Baso Aci yang diselenggarakan di Pendopo, Kabupaten Garut, selama tiga hari, Jumat sampai Minggu (3-5 Mei 2019).

Pecinta kuliner Garut sekaligus panitia Festival Baso Aci, Bobby mengatakan semua peserta atau pedagang bakso aci asal Garut itu laris diserbu pengunjung, bahkan ada penjual bakso aci di Garut yang meraih omzet Rp12 sampai Rp13 juta per hari.

“Ceu Imas, Baso Ceuceu dan Kriwil tembus Rp12 sampai Rp13 juta per hari,” kata Bobby. Dia menuturkan penjualan bakso aci dalam festival itu memberikan keuntungan bagi para pedagang, sekaligus menambah penghasilan dari acara tersebut, selain pendapatan dari penjualan di kedainya.

Baca Juga:   Pertama di Indonesia, Anak-anak Kreatif Garut Gelar Festival Baso Aci

Menurut dia, bakso aci di Garut memang selalu ramai pembeli, bahkan dalam acara tersebut pembelinya bukan hanya asal Garut, tetapi dari luar kota, bahkan ada dari Makasar dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Memang di kedainya selalu ramai, tapi yang pasti penghasilan dan branding mereka sangat kena ke pasar orang Garut dan luar Garut, terjauh yang saya tanya ada dari Makasar dan NTT,” katanya.

Baca Juga:   Ikan dan Ayam Bakar Dapat Memicu Kanker, Ini Cara Menghindarinya

Bobby mengatakan tingkat pengunjung festival sehari tujuh sampai sembilan ribuan orang yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB, bahkan sebelum acara ditutup stok bakso aci yang tersedia sudah habis.

“Ketika kita tutup pun masih banyak yang antre mau jajan, total selama tiga hari bakso yang beredar sekitar 50 kuintal,” katanya.

Pengunjung di Festival Baso Aci Garut. (Foto: Istimewa)

Ia menambahkan tingkat kunjungan yang cukup banyak dalam festival itu telah terjadi perputaran uang mencapai ratusan juta rupiah. “Ratusan juta rupiah, spesifiknya belum ditotalkan,” katanya.

Salah seorang pengunjung, Ningrum mengatakan, Festival Baso Aci tersebut memiliki daya tarik, terutama para penikmat kuliner bakso aci di Garut.

Baca Juga:   Comring Banjarwangi, Cemilan Khas Garut yang Renyah dan Murah

Ia mengaku ada kegiatan Festival Baso Aci dari pemberitaan di media massa, kemudian penasaran dan ingin menikmati bakso aci khas dari Garut itu.

“Acaranya sangat bagus, di sini banyak tersedia berbagai penjual bakso aci, saya saja sampai bingung pilih yang mana, semuanya penuh,” kata Ningrum.

Sementara itu, Festival Bakso Aci diselenggarakan oleh komunitas pecinta kuliner Garut yang menargetkan akan diselenggarakan setiap tahun untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Garut memiliki produk kuliner lain selain yang terkenal yakni dodol, dan kopi dari Garut. (Ant/Yus)

Komentar

Berita Terkait