oleh

Pertama di Indonesia, Anak-anak Kreatif Garut Gelar Festival Baso Aci

GOSIPGARUT.ID — Anak-anak muda kreatif di Garut menggelar Festival Baso Aci pertama di Indonesia selama tiga hari menjelang bulan suci Ramadhan. Festival ini diselenggarakan dari tanggal 3 sampai 5 Mei 2019 di halaman Pendopo Kabupaten Garut.

Dhani dari Vortable, selaku penyelenggara menyatakan, festival ini kali pertamanya diselenggarakan di Kota Garut, bahkan di Indonesia. Festival bertujuan untuk memperkenalkan bahwa baso aci itu adalah makanan khas asli Garut.

Dengan adanya festival ini, Dhani berharap baso aci jadi salah satu icon Garut dari segi kuliner, dan nantinya Garut bukan hanya terkenal dengan dodol atau kopi, tapi dengan baso acinya juga.

Baca Juga:   "Sunda Rasa" dan "Teh Kok", Rumah Makan Pilihan di Jalur Ini

“Saat ini kita bisa lihat bahwa penggemar baso aci itu benar-benar meningkat, karena dengan adanya baso aci yang dijual kemasan, penikmat baso aci itu bisa dirasakan bukan hanya di Garut, tapi keluar kota bahkan sampai keluar negeri,” kata Dhani.

Ia mengatakan, sampai saat ini belum pernah ada event yang dibuat di Garut mengenai baso aci. Yang pemah ada itu hanya festival dodol, kopi, burayot, dan coklat.

Baca Juga:   Ladu Dapat Dijadikan Alternatif Oleh-oleh Khas Garut Selain Dodol

“Kami berharap baso aci bisa masuk di jajaran salah satu produk khas Kota Garut. Soal antusias warga Garut mengenai festival ini, Alhamdulillah di luar ekspetasi, karena mungkin orang Sunda terbiasa dengan makanan pedas gurih dan sebagainya. Apalagi ini festival baso aci pertama kali di Indonesia dan diselenggarakan di Garut,” ujar Dhani.

Menurutnya, festival baso aci tersebut diikuti beberapa penjual baso aci ternama di Garut, yang di bagi jadi tiga kategori: baso aci legend, baso aci unik, dan baso aci hits. “Bukan itu saja, nanti di festival ini akan ada beberapa komunitas yang akan ikut meramaikan festival baso aci,” tambah Dhani.

Baca Juga:   Mau Pizza Murah dan Enak? Cobain Pizza Garut yang Satu Ini

Ia mengharapkan semua pihak, baik Pemkab maupun masyarakat, mendukung terselenggaranya event ini dengan cara berbondong-bondong hadir untuk meramaikan festival yang digelar sebelum bulan puasa. Karena masyarakat Garut patut berbangga dengan produk baso aci yang sangat enak. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait