Berita

12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal Saat Menjalani Proses Pemilu 2019

×

12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal Saat Menjalani Proses Pemilu 2019

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Meninggal dunia.

GOSIPGARUT.ID — Sebanyak 12 petugas KPPS di Jawa Barat meninggal saat menjalankan tugas di Pemilu 2019. Pejuang demokrasi ini diduga kelelahan karena tugas yang banyak.

Menurut data yang dikumpulkan, dua petugas KPPS meninggal dunia di Kabupaten Bogor yaitu Rusdiono (60), Ketua KPPS di TPS 97, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, meninggal dunia Kamis malam (18/4/2019).

Kemudian Ketua KPPS TPS 09, Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk, Jaenal, meninggal dunia saat bertugas di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu sore (17/4/2019).

Baca Juga:   1.155 Kali Gempa Bumi Terjadi di Jawa Barat Sepanjang 2023, Terbesar Berkekuatan 6.6 Magnitudo

Sementara dari data KPU Jabar, tercatat 10 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia saat menjalankan tugas.

Dari laporan yang diterima KPU, 10 orang petugas KPPS yang meninggal itu berasal dari lima kabupaten/kota yaitu Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, Purwakarta, dan Ciamis.

“Sejauh ini ada sekitar 10 orang. Ini laporan dari petugas KPPS dari lima kabupaten/kota,” ucap Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok di kantor KPU Jabar, Kota Bandung, Jumat (19/4/2019).

Baca Juga:   19.725 Anggota Polisi Akan Disebar ke Seluruh TPS di Jabar untuk Amankan Pemilu 2024

Sebagian besar petugas itu meninggal akibat terkena serangan jantung dan kelelahan. Kejadian ini, akan menjadi bahan evaluasi pihaknya ke depan.

“Hampir semuanya ada serangan jantung karena faktor kelelahan. Ada juga meninggal setelah menerima laporan surat suara kurang ini mungkin stres. Kami terima laporan ini mungkin jadi bahan evaluasi,” tutur Rifqi.

Baca Juga:   Rahmat Baequni Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Hoaks Petugas KPPS Tewas Diracun

Mewakili KPU Jabar, Rifqi menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Atas nama KPU Jabar mengucapkan bela sungkawa yang sebesar-besarnya semoga almarhum mendapatkan balasan setimpal. Mudah-mudahan husnul khatimah, mereka bisa mengawal Pemilu dan demokrasi berjalan damai,” ucapnya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *