Berita

Dewan Pendidikan Garut: Program Gemmas untuk Tingkatkan Jumlah Siswa dan Kenaikan IPM

×

Dewan Pendidikan Garut: Program Gemmas untuk Tingkatkan Jumlah Siswa dan Kenaikan IPM

Sebarkan artikel ini
Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Garut, Maman Rusmana. (Foto: Muhamad Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Dewan Pendidikan Kabupaten Garut mengenalkan program Gerakan Masyarakat Masuk Satuan Pendidikan (Gemmas). Program ini telah disosialisasikan sejak 6 Mei 2024, bertujuan meningkatkan jumlah siswa di Kabupaten Garut yang berdampak pada kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Garut, Maman Rusmana, mengatakan, sosialisasi program ini melibatkan camat se-Kabupaten Garut, Korwil Pendidikan kecamatan, serta organisasi masyarakat seperti MUI, PKK, dan instansi terkait pendidikan.

Latar belakang Gemmas sendiri, kata Maman, berasal dari program model partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pendidikan di 5 kecamatan. Ia menekankan bahwa program ini dilaksanakan oleh organisasi masyarakat di tingkat desa, seperti majelis taklim, dengan Dewan Pendidikan hanya berperan dalam sosialisasi.

Baca Juga:   Ketua Daboribo Minta Indomaret Bojonglarang Segera Ditutup, Begini Jawaban Kasatpol PP

“Jadi program ini bukan kami yang melaksanakan, (kami) hanya sosialisasi, tapi nanti organisasi-organisasi masyarakat yang ada di tingkat desa contohnya majelis taklim,” kata Maman, Senin (10/6/2024).

Ia menyatakan bahwa sosialisasi juga dilakukan di 42 kecamatan yang terbagi dalam 9 wilayah, dengan partisipasi kepala desa, camat, dan organisasi lainnya di tingkat kecamatan. Setelah sosialisasi, Dewan Pendidikan akan melakukan monitoring pelaksanaan program untuk evaluasi ke depan.

Baca Juga:   Rencana Penerima PKH Dapat Tambahan Bantuan Beras, Dinsos Garut Belum Terima Kejelasan

Melalui Gemmas, diharapkan akan terjadi peningkatan Indeks Pendidikan Kabupaten Garut yang berdampak pada IPM. Maman berharap program ini dapat terus berlanjut dan ditindaklanjuti oleh instansi terkait di pemerintah daerah. Ia juga mengusulkan kolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk mendata peserta didik yang bersekolah di luar Kabupaten Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *