Headline

Hak Jawab Koordinator Pengawas SMA KCD Wilayah XI Terhadap Berita Pungutan dan Sumbangan PPDB

×

Hak Jawab Koordinator Pengawas SMA KCD Wilayah XI Terhadap Berita Pungutan dan Sumbangan PPDB

Sebarkan artikel ini
Drs. H. Nanang SH., M.Pd. (Foto: Diskominfo Garut)

GOSIPGARUT.ID — Terkait dengan berita yang dimuat di gosipgarut.id dengan judul “Sumbangan PPDB Diperbolehkan, Pengawas KCD Pendidikan Garut: Yang Dilarang Adalah Pungutan”, saya Nanang S. Hambali, Koordinator Pengawas SMA pada KCD Wilayah XI Disdik Provinsi Jawa Barat menyampaikan hak jawab.

Hak jawab perlu disampaikan karena dalam pemberitaan tersebut ada pemelintiran dan bias informasi.

Berdasarkan Undang-Undang Pers No. 40 Tahun 1999 tentang Pers Pasal 5 ayat (2) bahwa Pers wajib melayani Hak Jawab, dengan ini saya menyampaikan hak jawab sebagai berikut.

Baca Juga:   Eril Masih Belum Ditemukan, Pihak Keluarga Ikhlas Atas Semua Takdir

1. Ditulis dalam berita gosipgarut.id seperti termuat pada link https://www.gosipgarut.id/read/2024-35646/sumbangan-ppdb-diperbolehkan-pengawas-kcd-pendidikan-garut-yang-dilarang-adalah-pungutan.html (diakses pada tanggal 7 Juni 2024) bahwa:

Koordinator Pengawas Pendidikan Atas pada Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XI Garut, Nanang Hambali, mengatakan bahwa sumbangan dana pendidikan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diperbolehkan. Hal itu diatur dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Baca Juga:   Garut dan 7 Daerah Lainnya Harus Waspadai Hujan yang Disertai Petir

“Sumbangan dana pendidikan diperbolehkan dengan syarat sudah dirumuskan, direncanakan, dan disetujui oleh komite. Sementara pungutan yang ditentukan jumlah dan waktunya tidak diperbolehkan,” kata Nanang dalam Talkshow Forum Komunikasi dan Solusi (Fokus) Radio Intan Garut, Rabu (5/6/2034) kemarin.

Pada berita tersebut seolah-olah saya memperbolehkan adanya sumbangan pendidikan dalam proses PPDB yang sedang berlangsung. Faktanya, saya ditanya oleh reporter Radio Intan Garut, apakah sumbangan diperbolehkan atau tidak dalam PPDB? Saya menjawab bahwa PPDB dan sumbangan pendidikan merupakan dua hal yang berbeda.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *