Berita

Pemkab Garut Intensifkan Pemeliharaan Jalan, Capai 23 Ruas dengan Penggunaan Beton dan Hotmix

×

Pemkab Garut Intensifkan Pemeliharaan Jalan, Capai 23 Ruas dengan Penggunaan Beton dan Hotmix

Sebarkan artikel ini
Proses pemeliharaan rutin ruas jalan kabupaten di Garut.

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terus mengintensifkan upaya pemeliharaan jalan kabupaten di berbagai wilayah. Hingga kini sedikitnya ada 23 ruas jalan yang telah dilakukan pemeliharaan dengan penggunaan beton dan hotmix.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Agus Ismail, menyebutkan, pemeliharaan rutin tahun anggaran 2024 mencakup total panjang jalan sebesar 86,12 kilometer dengan anggaran sebesar Rp3,8 miliar. Meskipun demikian, realisasi pemeliharaan saat ini baru mencapai 23.58%.

Tahun 2024, pihaknya tetap berkomitmen untuk meningkatkan program perbaikan jalan, meskipun terdapat keterbatasan anggaran. Salah satu fokus utamanya adalah pada program zero lubang dalam upaya mengantisipasi terganggunya aspek lalulintas, termasuk keselamatan pengendara.

Baca Juga:   KPU Garut: Pemkab Canangkan Anggaran Rp50 Miliar untuk Pemilu dan Pilkada 2024

“Ya meskipun juga cukup berat lah untuk bisa mencapai itu, tapi kita akan berupaya sedemikian rupa, untuk bagaimana mengantisipasi lubang-lubang yang hari ini dapat mengganggu terhadap aspek lalulintas,” ujar pria yang akrab disapa Agis itu Rabu (17/04/2024).

Ia menyampaikan, menjelang Idulfitri 1445 Hijriah, pihaknya telah mengoptimalkan pemeliharaan jalan, terutama pada jalur mudik, jalur alternatif, dan jalur akses pariwisata, guna memastikan kenyamanan serta keselamatan para pengguna jalan.

Baca Juga:   Pemkab Garut Terima Bantuan Hand Sanitizer dari F-MIPA Uniga

Namun, Agis mengakui bahwa masih terdapat banyak Pekerjaan Rumah (PR) terkait jalan berlubang atau rusak, terlebih kondisi cuaca dengan curah hujan yang tinggi dapat mempercepat kerusakan jalan, selain dari faktor usia konstruksi, air dan beban jalan yang menjadi pertimbangan utama.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *