Wisata

Disparbud Garut Siagakan Petugas Balawista untuk Antisipasi Bahaya di Objek Wisata Pantai

×

Disparbud Garut Siagakan Petugas Balawista untuk Antisipasi Bahaya di Objek Wisata Pantai

Sebarkan artikel ini
Petugas Balawista yang disiagakan di objek wisata pantai Kabupaten Garut.

GOSIPGARUT.ID — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menyiagakan petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) dibantu dengan petugas lainnya untuk melakukan pengamanan dan antisipasi bahaya di kawasan objek wisata pantai selama libur Lebaran.

“Untuk keamanan pengunjung yang berenang ada Balawista dari dinas kami, dan juga Polairud,” kata Kepala Disparbud Kabupaten Garut Luna Aviantrini, Sabtu (13/4/2024).

Ia menuturkan Kabupaten Garut memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya wisata pantai seperti Pantai Rancabuaya, Santolo, Sayangheulang, dan wisata pantai lainnya yang ramai dikunjungi saat musim libur Lebaran.

Baca Juga:   Meski Sudah Kembali Dibuka, Objek Wisata Pantai Sayangheulang Sepi Pengunjung

Disparbud Garut, kata Luna, sudah menyiapkan tim Balawista dibantu Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Garut untuk melakukan pengamanan dan antisipasi kecelakaan laut di tempat wisata pantai.

“Tim berpatroli secara berkala keseluruhan ada delapan (personel Balawista),” ujar dia.

Luna menyampaikan pos pengamanan yang disiagakan di kawasan selatan Garut tidak hanya untuk pengamanan wisata pantai saja, tapi untuk pengamanan lainnya di wilayah selatan Garut terutama jalur mudik.

Baca Juga:   Disparbud Garut Ciptakan Ramah Wisata untuk Dongkrak Kunjungan

Disparbud Garut, kata dia, dalam pengamanan wisata mendapatkan bantuan personel dari Brimob, TNI, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan sukarelawan lainnya.

“Pengamanan untuk Pantai Sayangheulang dan Santolo, kami dibantu oleh Brimob, Polres, Polsek, Koramil, Satpol PP, BPBD, Dishub dan nakes dari puskesmas setempat,” ucap Luna.

Kepala Satpolairud Polres Garut AKP Anang Sonjaya mengatakan, kawasan pantai saat musim libur Lebaran cukup ramai, meski begitu situasi tetap aman terkendali.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *