Wisata

Garut Belum Miliki “City Branding”, Sejumlah Langkah Inilah yang akan Diambil Disparbud

×

Garut Belum Miliki “City Branding”, Sejumlah Langkah Inilah yang akan Diambil Disparbud

Sebarkan artikel ini
Rapat persiapan dan pengembangan program city branding Kabupaten Garut yang bertempat di Aula Kantor Disparbud Kabupaten Garut, Jalan Ciledug, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (17/10/2024). (Foto: Rahmatillah Ramadhani)

GOSIPGARUT.ID — Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Aulia Malik, mengakui, Kabupaten Garut belum memiliki city branding yang spesifik. Oleh karena itu, pihaknya mengundang beberapa pihak untuk menentukan arah yang tepat untuk identitas kota Garut.

“Apa mau ke arah wisata, atau ke arah mana. Mungkin dengan adanya kegiatan ini kita bisa lebih fokus dalam menentukan city branding Garut,” ujar Aulia, usai menggelar rapat persiapan pengembangan program city branding Kabupaten Garut pada Kamis (17/10/2024).

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Disparbud ini bertujuan untuk mencari identitas khas yang dapat mewakili Kabupaten Garut dalam konteks branding kota.

Dalam rapat tersebut, tambah Aulia, strategi promosi identitas Kabupaten Garut sebagai destinasi unggulan juga dibahas. Beberapa langkah yang akan diambil antara lain pengembangan konten digital, kolaborasi dengan content creator dan influencer, penyelenggaraan berbagai event budaya, pariwisata, dan produk ekonomi kreatif.

Baca Juga:   Wisata Alam Garut Tidak Pernah Membosankan, Kata Wabup Helmi Budiman

Selain itu, akan ada kerjasama dengan sektor swasta dan pemerintah lain untuk memperkuat citra Garut sebagai kota wisata.

“Lomba foto dan videografi itu sebagai dasar untuk nanti menjadikan branding pariwisata dan nantinya akan berkelanjutan lagi sebagai dasar untuk lomba city branding ke depannya untuk tahun 2025,” jelas Aulia.

Aulia menuturkan, rapat tersebut berhasil menghimpun berbagai pandangan strategis untuk memajukan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah ini. Berbagai pihak penting turut hadir, seperti perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), termasuk Sekretaris Dinas, Kepala Dinas, Kepala Bidang Pemasaran, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf), serta staf Ekraf dan Pemasaran. Selain itu, hadir pula perwakilan dari Bappeda, Diskominfo, DKKG, Garut Fashion Carnival (GFC), dan Komunitas Fashion Garut (KFG).

Aulia Malik, menjelaskan bahwa visi utama program city branding ini adalah menjadikan Garut sebagai destinasi unggulan yang dikenal luas, baik di tingkat nasional maupun internasional. Fokus utamanya adalah mengedepankan keunikan budaya lokal, keindahan alam, serta potensi ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

Baca Juga:   Garut Masih Membatasi Kunjungan ke Tempat Wisata Sebesar 25 Persen

Lebih lanjut, Aulia Malik menjelaskan bahwa target jangka pendek dari program city branding ini adalah peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, penguatan kolaborasi dengan sektor swasta dan komunitas, serta pengembangan infrastruktur pendukung wisata.

“Sedangkan untuk jangka panjang, Kabupaten Garut berharap bisa menjadi destinasi wisata unggulan di tingkat nasional dan internasional, dengan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, serta pengembangan ekosistem kreatif yang berkelanjutan,” paparnya.

Adapun faktor unik yang akan diangkat untuk memperkuat citra Kabupaten Garut di tingkat nasional dan internasional mencakup pariwisata alam, seperti destinasi tirta (air), tradisi budaya meliputi seni pertunjukan, dan ekonomi kreatif. “Kabupaten Garut sendiri telah meraih penghargaan sebagai Kabupaten Kreatif dalam program KaTa Kreatif 2024,” ucapnya.

Baca Juga:   Jika Ada Tol Cigatas Pariwisata Garut akan Tumbuhkan Perekonomian

Namun, Aulia Malik juga menyoroti bahwa kesiapan infrastruktur dan fasilitas pendukung masih perlu ditingkatkan. “Ini termasuk aksesibilitas jalan, transportasi umum, pengembangan destinasi wisata, serta fasilitas penginapan dan pusat informasi pariwisata,” lanjutnya.

Aulia Malik menyebutkan dari diskusi tersebut berhasil menjawab banyak kebingungan terkait konsep dan teknis pelaksanaan city branding. “Ke depannya, akan ada diskusi lebih lanjut untuk mempercepat realisasi program ini,” tuturnya.

Berkaitan dengan tantangan utama dalam pengembangan program city branding, Aulia Malik menjelaskan bahwa keterlibatan masyarakat adalah faktor kunci. Tanpa dukungan masyarakat dalam menjaga citra baik Garut, program ini sulit berkembang.

“Tantangan lain termasuk perubahan dinamika sosial ekonomi, perlunya mengikuti tren dan inovasi pemasaran kota, serta menjaga konsistensi identitas dan citra Garut agar tetap relevan dan ,” pungkasnya. (Nindi N)


Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News, WhatsApp Channel dan Telegram Channel
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Recreativ, Mixadvert, dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *