Kesehatan

Bagaimana Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing Saat Berpuasa? Ini Kata Dokter Eddy Karta

×

Bagaimana Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Glowing Saat Berpuasa? Ini Kata Dokter Eddy Karta

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Merawat kulit agar sehat dan glowing.

GOSIPGARUT.ID — Dokter spesialis kulit dr. Eddy Karta, SpKK, Ph.D, dari klinik C(E)K Kulit dan Kelamin membagikan cara merawat kulit agar tetap sehat dan glowing (bercahaya) saat berpuasa, antara lain hidrasi yang cukup.

Ketika berpuasa, jumlah asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh berkurang dari biasanya. Kurangnya asupan cairan selama puasa dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi dan mempengaruhi kondisi kulit.

Beberapa masalah kesehatan kulit yang berpotensi muncul saat berpuasa di antaranya kulit kering, kulit kusam, kulit tampak lelah akibat perubahan pada pola makan dan pola tidur, hingga kulit kasar dan bersisik karena banyak aktivitas fisik di luar ruangan selama berpuasa.

Baca Juga:   Pemuda Asal Pakenjeng Ini Sebelum Menderita Kanker Lidah Alami Sariawan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit agar tetap sehat dan bersinar saat berpuasa. Pertama, menjaga asupan cairan untuk kulit dengan rumus 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

“Perbanyak makan buah saat berbuka puasa dan sahur, disarankan untuk memilih buah dengan kandungan air yang banyak seperti semangka, stroberi, atau tomat, yang tidak hanya memberikan nutrisi untuk kulit, namun juga dapat menggantikan cairan yang hilang dari dalam tubuh,” kata Eddy dalam siaran persnya, Minggu (24/3/2024).

Baca Juga:   Dokter Kurang, Salah Satu Penyebab Tingginya Kasus Tubercolosis di Garut

Membersihkan wajah dengan bahan dan jenis pembersih yang sesuai dengan karakter kulit masing-masing ternyata sangat penting. Eddy menyebut, pemilik kulit berminyak wajib membersihkan wajah secara benar terutama setelah beraktivitas, salah satunya dengan menggunakan beberapa bahan kandungan salicylic acid, tea-tree oil, dan charcoal yang dapat mengurangi minyak berlebih. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *