Berita

Sebar Konten Hoaks, Anggota PPS di Garut Dilaporkan ke Bawaslu dan KPU

×

Sebar Konten Hoaks, Anggota PPS di Garut Dilaporkan ke Bawaslu dan KPU

Sebarkan artikel ini
Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yudha Puja Turnawan, menyampaikan berkas laporan kepada komisioner KPU Garut, Aneu Nursyifa. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Seorang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sukalaksana, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena diduga menyebarkan konten berbau hoaks di media sosial yang isinya mendiskreditkan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Pelaporan terhadap YH itu dilakukan Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Garut, Yuda Puja Turnawan bersama tiga orang staf DPC, Sabtu (22/07/2023). Saat menyampaikan laporannya, Yuda membawa bukti berupa screenshoot dari share video tersebut.

Laporan diterima oleh dua komisioner Bawaslu Garut, yaitu Iim Imron dan Ahmad Nurul Syahid. Dalam pertemuan antara Ketua DPC PDI Perjuangan Garut dengan komisioner Bawaslu itu dihadiri oleh tiga orang anggota dari Panwascam Kecamatan Sucinaraja.

Baca Juga:   Pemuda Kaumlebak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Secara Swadaya

“Saya baru memastikan bahwa penyebar video berinisial YH adalah anggota PPS Desa Sukalaksana tadi malam. Seyogyanya anggota PPS itu netral dan tidak sembarangan menyebar video hoaks, untuk menjaga pemilu 2024 yang bermartabat,” ujar Yuda.

Sedangkan Ahmad Nurul Syahid dari Bawaslu mengatakan, bahwa pihaknya menerima laporan dari PDI Perjuangan Kabupaten Garut terkait ada salah satu anggota PPS di Kecamatan Sucinaraja yang menshare video hoaks di salah satu grup Whatsapp Garut. Menurut dia, Bawaslu akan menindak lanjuti atas laporan tersebut secara prosedur.

Baca Juga:   Pencuri Domba di Garut Ini Malah Buntung Ketimbang Dapat Untung

“Setelah semua dilakukan, barulah hasil dari Bawaslu akan disampaikan rekomendasi ke KPU, Karena KPU lah yang berwenang memberikan sanksi,” ujar Ahmad Nurul Syahid.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *