oleh

Pemkab Garut Miliki Stok 10 Ribu Masker untuk Cegah COVID-19

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten Garut memiliki stok 10 ribu masker yang siap dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk pencegahan penularan wabah virus corona atau  COVID-19.

“Di kami masker ada, tapi dibagikan kalau terjadi apa-apa, itu juga tidak akan asal beri,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Ia menuturkan, masker memang dibutuhkan masyarakat di Garut untuk menghindari debu, maupun mencegah penularan penyakit seperti  COVID-19 dan jenis penyakit lainnya.

Baca Juga:   Kapolres Garut Beri Kuliah Umum Mahasiswa STIE Yasa Anggana

Meski dibutuhkan masyarakat, kata Rudy, sebaiknya masyarakat di Garut tidak panik lalu memborong masker di pasaran, karena masker hanya dibutuhkan bagi yang sakit.

“Masker untuk yang sakit saja, kalau sehat tidak usah pakai,” ujar dia seraya menambahkan, selain menyiapkan masker, pihaknya akan menyediakan tempat cuci tangan sabun antiseptik di ruang publik lingkungan Pemkab Garut.

Baca Juga:   Bantuan Perahu Karet dan Logistik dari Pemkab Garut untuk Banjir Bogor

Bupati sudah menginstruksikan seluruh kantor dinas untuk menyediakan tempat cuci tangan dan sabun antiseptik sehingga masyarakat tetap bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

“Di dinas sudah saya suruh untuk pasang sabun cuci tangan, seperti di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata Rudy.

Ia berharap, tempat cuci tangan tidak hanya di kantor dinas melainkan di seluruh sekolah yang ada di Garut untuk memiliki tempat cuci tangan agar siswa terhindar dari penyakit menular.

Baca Juga:   Pemkab Garut Mulai Berlakukan Larangan Delman Beroperasi di Jalur Mudik

Terkait anggaran untuk membuat cuci tangan, kata Rudy, sudah tersedia dari biaya tak terduga (BTT) tahun 2020 dan bantuan dari pusat. “Anak sekolah juga disiapkan untuk cuci tangan, untuk pendanaan nanti dari BTT (biaya tak terduga) dan pusat,” katanya. (Ant)

Komentar

Berita Terkait