Berita

Warga Sindangprabu Garut Tak Pernah Kesulitan Air Sekalipun Kemarau Panjang, Inilah Musababnya

×

Warga Sindangprabu Garut Tak Pernah Kesulitan Air Sekalipun Kemarau Panjang, Inilah Musababnya

Sebarkan artikel ini
Cikulawing, salah satu sumber saluran air Garawangsa di Desa Sindangprabu, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut. (Foto: Ai Karnengsih)

GOSIPGARUT.ID — Saat wilayah lain di Kabupaten Garut dilanda kekeringan akibat musim kemarau, warga Desa Sindangprabu, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, malah tidak pernah kesulitan air bersih. Baik untuk keperluan sehari-hari maupun untuk mengairi lahan pertanian. Sebaliknya, air akan melimpah ruah justru di saat musim kemarau.

Musababnya, Desa Sindangprabu memiliki saluran air Garawangsa yang airnya bersumber dari Cikulawing, Cigangsa, dan Cinangka. Ketiga sumber air itu mengalir ke saluran air Garangwangsa sepanjang delapan kilometer.

Saluran air Garawangsa tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan air di Desa Sindangprabu, namun juga mampu memenuhi kebutuhan air di desa lainnya yaitu Desa Sindangratu, Linggamukti, Sukalaksana, dan Sindangmekar.

Baca Juga:   Monyet Puncak Sagara Serbu Lahan Pertanian, Warga Terpaksa Pindah ke Tempat Lain

Saking melimpah, sumber air Cikulawing akhirnya dialihkan untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Kecamatan Wanaraja. Sementara untuk memenuhi kebutuhan air Desa Sindangprabu hanya mengandalkan sumber air Cigangsa dan Cinangka.

Kepala Desa Sindangprabu, Asep Suryana, SH menuturkan meski yang menggunakan air dari saluran air Cikulawing, Cigangsa, dan Cinangka, ribuan kepala keluarga dan ratusan hektar lahan pertanian, namun sumber air tidak pernah surut apalagi kering.

Baca Juga:   Cakades Pamalayan Nomor 2, Diam-diam Menghanyutkan
Air dari saluran Garawangsa bisa naik ke penampungan meski tidak menggunakan pompa air. (Foto: Ai Karnengsih)

“Dulu sumber air hanya digunakan mengairi lahan pertanian, ternyata setelah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, air tidak pernah surut apalagi sampai kering malah kian melimpah ruah,” tutur Asep Suryana, Jumat (23/6/2023).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *