Berita

Pemkab Garut Akan Berikan Dana Kompensasi bagi Rumah Ambruk Akibat Longsor di Talegong

×

Pemkab Garut Akan Berikan Dana Kompensasi bagi Rumah Ambruk Akibat Longsor di Talegong

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengunjungi para pengungsi bencana longsor di Kecamatan Talegong, Rabu (29/12/2021). (Foto: Yogi Budiman)

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan memberikan dana kompensasi bagi rumah yang ambruk akibat bencana longsor di Kampung Cikaramat dan Binong, Kecamatan Talegong, dengan bantuan maksimal Rp50 juta.

Wakil Bupati Helmi Budiman saat meninjau lokasi bencana longsor tersebut, Rabu (29/12/2021), mengatakan bahwa Pemkab Garut memberikan perhatian serius terhadap adanya rumah warga yang mengalami kerusakaan sehingga diharuskan untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Baca Juga:   12 Calon Kepala Dinas di Lingkungan Pemkab Garut Ikuti Tes Kesehatan

“Kalau saya lihat di lapangan, yang perlu mendapatkan perhatian serius pertama adalah adanya rumah-rumah yang ambruk. Tentu mulai dari harus mengungsi, kemudian ada rumah-rumah yang terancam juga harus mengungsi kesitu,” ujarnya.

Helmi menuturkan bahwa Pemkab Garut akan memberikan dana kompensasi bagi rumah yang ambruk akibat bencana tersebut, dengan bantuan maksimal Rp50 juta.

Baca Juga:   Guru Honorer Wafat, Kadisdik dan Anggota Fraksi PDIP Garut Bertakziah

“(Di lokasi pengungsian) Alhamdulillah sudah ada dapur umum, dan kita terus support itu rumah-rumah yang runtuh, insyaallah ada bantuan dari kabupaten maksimal dari kabupaten ini Rp50 juta bagi rumah yang ambruk,” katanya.

Sementara untuk kebutuhan air, imbuh Helmi, pihaknya kini menyediakan air darurat bagi warga yang saluran airnya terganggu akibat bencana longsor ini.

Baca Juga:   Perjalanan Dinas ke LN Pejabat Tengah Disorot, Bupati Garut Malah Akan Berangkat ke Milan?

“Kemudian yang kedua air, memang di sini semua saluran air terganggu, karena kebanyakan longsor atau banjir ini menyebabkan saluran air pada putus. Makanya kita sediakan selang yang bisa menyalurkan air kepada warga,” imbuh Helmi.

Ia menuturkan, untuk memenuhi kebutuhan dasar para penyintas bencana, pihaknya akan menyuplai kebutuhan sembako selama masa tanggap darurat di lokasi bencana.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *