Peristiwa

Tiga Desa di Cisewu Diterjang Banjir dan Longsor, 6 Rumah Rusak dan Jembatan Putus

×

Tiga Desa di Cisewu Diterjang Banjir dan Longsor, 6 Rumah Rusak dan Jembatan Putus

Sebarkan artikel ini
Salah satu rumah yang rusak diterjang longsor di Desa Panggalih, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Sabtu (25/12/2021). (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Bencana banjir dan longsor menerjang tiga desa di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Sabtu (25/12/202). Banjir dan longsor tersebut disebabkan hujan deras yang terus mengguyurkan Desa Nyalindung, Panggalih, dan Cikarang, yang berlangsung selama hampir tiga jam.

Dikutip dari laporan Camat Cisewu, Heri, akibat dari bencana tersebut arus lintas di jalan provinsi sepanjang 200 meter sementara terputus, 6 rumah warga mengalami kerusakan, dan 1 unit jembatan gantung di Sungai Cilaki yang menghubungkan Kampung Pamalayan Desa Cikarang dengan Kampung Ciseureuh Desa Neglasari, Kecamatan Cisewu.

Langkah cepat dilakukan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisewu beserta warganya dengan melakukan pembersihan material longsor secara manual sebelum alat berat tiba di lokasi. Kemudian, melakukan evakuasi warga dan barang peralatan rumah ke rumah tetangga dan ke keluarga terdekat.

Baca Juga:   Desa Panggalih Usulkan Bantuan Peningkatan Jalan ke Pemprov Jabar Senilai Rp3,9 Miliar

“Berkaitan dengan jembatan yang rusak, pihak kecamatan membuat tanda atau rambu untuk kesemalatan masyarakat,” jelas Heri.

Ia mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat dari bencana yang terjadi di Kecamatan Cisewu tersebut. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terlebih saat ini curah hujan di Kabupaten Garut cukup tinggi. (Yan AS)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *