oleh

Jemput Bola, Inovasi Disdukcapil Garut dalam Mempercepat Pelayanan kepada Masyarakat

GOSIPGARUT.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut memiliki inovasi dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan administrasi agar masyarakat bisa cepat terlayani.

Sekretaris Disdukcapil Garut, Dadang Herawan Sugiarto, mengatakan ada beberapa pelayanan seperti jemput bola untuk masyarakat Kabupaten Garut yang memiliki kerentanan tinggi dalam administrasi kependudukannya.

“Jadi ada pelayanan-pelayanan yang bisa mempercepat warga masyarakat bisa dilayani. Ada pelayanan-pelayanan semacam jemput bola ataupun hal-hal yang sifatnya online tadi melalui web pasti oke. Nah jemput bola juga dilaksanakan untuk warga masyarakat yang memiliki kerentanan tinggi dalam hal administrasi kependudukannya,” ucap dia, Senin (23/11/2020).

Tak hanya itu, lanjut Dadang, Disdukcapil juga memberikan layanan yang sifatnya terintegrasi untuk masyarakat yang baru saja datang ke Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Selama Sepekan, PDI Perjuangan Garut Bagikan 115 Liter Hand Sanitizer

“Yang hadir ke sini juga kami mencoba memberikan layanan yang sifatnya bisa terintegrasi. Jadi ketika datang, datang itu kan kepindahan, kepindahan kita terbitkan KK-nya, kita terbitkan KTP-nya, ataupun hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan kebutuhan data warga yang datang,” lanjutnya.

Dadang menuturkan, ada pelayanan yang bersifat 3 in 1 (three in one) yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Garut agar masyarakat bisa mendapatkan tiga pelayanan dengan hanya satu kali datang.

Baca Juga:   Hari Ini Berakhir, Pemkab Garut tidak Perpanjang PSBB Cegah Covid-19

“Selain hal terintegrasi juga semacam ada istilah di kami memberikan layanan-layanan yang sifatnya 3 in 1. Yaitu, satu kali datang kita bisa memberikan tiga poin pelayanan, seperti dalam hal penerbitan KK, KTP dan Akta Kematian itu disatukan,” pungkasnya. (Yan AS)

Komentar