oleh

SMKN 1 Garut Perkenalkan Model Pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah

GOSIPGARUT.ID — Pengelola SMK Negeri 1 Garut mulai memperkenalkan model pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah kepada guru dan manajemen sekolah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di sekolah yang kini dipimpin oleh Bejo Siswoyo S.TP, M.Pd itu.

“Kebetulan materi model pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah ini disampaikan langsung oleh penemunya, yaitu Bapak DR. Dadang Hidayat Martawijaya, M. Pd. Dengan pengenalan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas SDM terutama siswa SMK yang memiliki kompetensi tersetandar,” kata Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Hani Aryani, M.Pd, Senin (31/08/2020).

Yang dimaksud terstandar, lanjut dia, yakni adanya sinkronisasi antara kurikulum yang dipelajari di sekolah dengan yang ada di Industri. “Tentunya mulai dari sarana prasarananya, kegiatan pembelajarannya, kebutuhan industrinya seperti apa, sehingga apa yang dibutuhkan oleh industri itu disiapkan oleh sekolah. Sehingga lulusan SMK itu betul-betul memiliki kompetensi yang terstandar,” tuturnya.

Disebutkan Hani, kegiatan pengenlan model pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah ini diprakarsai oleh kepala sekolahnya dengan tujuan akhirnya agar lulusan sekolahnya memiliki kompetensi dan bisa bersaing di pasaran kerja.

Baca Juga:   SMKN 1 Garut Bantu Korban Bencana Garut Selatan dari Hasil Iuran Para Guru

Sementara itu pemateri sekaligus penemu model pembelajaran Teaching Factory 6 Langkah, H. Dadang Hidayat Martawijaya, mengatakan, kegiatan tersebut dibagi tiga tahap.

Tahap pertama diikuti oleh manajemen sekolah, kedua diikuti oleh seluruh ketua kompetensi keahlian, dan seluruh guru produktif. Ketiga diikuti unsur guru adaktif dan normatif. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait