oleh

Cegah Covid-19, Petugas Semprotkan Disinfektan di Perkotaan Garut

GOSIPGARUT.ID — Petugas gabungan menggunakan mobil pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan perkotaan Kabupaten Garut, Selasa (24/3/2020), untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di kota itu.

Bupati Rudy Gunawan yang memimpin langsung penyemprotan disinfektan mengatakan, gerakan masif selama sepekan ini merupakan upaya pemerintah daerah agar Garut terbebas dari wabah virus corona.

“Hari ini kita juga menyemprot jalan-jalan protokol oleh petugas gabungan, dan langsung saya pimpin dalam penyemprotan ini,” kata Bupati.

Petugas gabungan yang terlibat dalam kegiatan itu sebanyak 100 orang terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Diskominfo, Polres, dan Kodim 0611/Garut.

Seluruh petugas dan tiga unit kendaraan pemadam kebakaran diterjunkan ke lapangan menyusuri jalan sepanjang Jalan A. Yani, Ciledug, Papandayan, Pembangunan, Cimanuk, Merdeka, Bunderan Guntur, Guntur, Ciwalen, Jalan Siliwangi dan berakhir di Pendopo Garut.

Bupati dengan menaiki kendaraan pemadam kebakaran menyampaikan instruksi dan imbauan kepada masyarakat tentang wabah corona menggunakan pengeras suara.

Baca Juga:   Aktivis ProDem Sesalkan Tidak Masuknya Garut dalam Daftar Tes Masif Covid-19

Bupati menyampaikan agar masyarakat bersama-sama melawan wabah virus corona dengan mengikuti instruksi pemerintah seperti diam di rumah dan rajin cuci tangan.

“Semua bergerak, sehingga Garut tetap hijau dan aman dari virus corona,” kata Bupati.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sopyan menambahkan, penyemprotan disinfektan ke daerah perkotaan Garut itu menghabiskan 114 liter disinfektan.

Baca Juga:   Pembongkaran Rumah Reaktivasi KA Cibatu -- Garut Sudah 30 Persen

“Penyemprotan dengan memanfaatkan kendaraan damkar ini menghabiskan 114 liter disinfektan,” katanya.

Seorang sopir angkutan kota Aris menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah serius mengatasi ancaman bahaya wabah virus corona.

Menurut dia, sudah seharusnya dilakukan penyemprotan disinfektan di wilayah perkotaan sebagai langkah antisipasi agar warga tidak terdampak wabah virus corona.

“Setidaknya kami merasa nyaman dengan yang dilakukan bupati dengan para petugas tadi,” kata Aris. (Ant)

Komentar

Berita Terkait