oleh

Cihuni Bangun Drainase Sepanjang 157,2 Meter dari Dana Desa 2019

GOSIPGARUT.ID — Desa Cuhuni, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, kini memiliki drainase representatif sepanjang 157, 2 meter di RT 03/RW 02. Dana untuk pembangunan drainase tersebut bersumber dari dana desa tahun 2019, sebesar Rp109.920.000.

Kepala Desa Cihuni Lukmanul Hakim mengatakan, pembangunan drainase tersebut berupa betonisasi dinding bagian bawah dan atas saluran pembuangan air (selokan) yang dulunya terbuka sekarang saluran airnya dijadikan tertutup sehingga tidak lagi menimbulkan bau tak sedap.

“Pembangunan infrastruktur drainase tersebut merupakan realisasi dari hasil musrenbang desa tahun 2018. Dimana pada saat musrenbang, tokoh masyarakat di lingkungan RW 02, mengusulkan supaya saluran pembuangan air (selokan) sepanjang 157,2 meter itu agar dibeton dan ditutup, karena banyak keluhan warga soal bau menyengat yang ditimbulkan dari air limbah rumah tangga yang melalui selokan,” kata dia.

Sementara seorang warga yang tinggal tepat di depan selokan, Rahmat Herjani (54), menuturkan apabila musim kemarau tiba, maka bau yang ditimbulkan dari limbah rumah tangga yang mengalir di selokan tersebut sangatlah mengganggu dan membuat tidak nyaman. Ia pun khawatir bau yang ditimbulkan bisa mengganggu kesehatan keluarganya.

Baca Juga:   Anggota Koramil di Garut Hibahkan Tanahnya untuk Janda Tua

Hal senada juga diutarakan oleh Evi Rasmanah, (44), seorang ibu rumah tangga yang sudah tinggal di sekitar selokan selama puluhan tahun, dirinya sangat bersyukur akhirnya saluran pembuangan air (selokan) bisa ditutup juga. Dulu, menurutnya, kotor dan berbau dengan sampah yang menumpuk, sekarang kelihatan rapi dan bersih.

Pelaksana kegiatan proyek adalah TPKD Cihuni yang diketuai oleh Maman Suryaman (60) yang juga merupakan anggota LPM Desa Cihuni. Sesuai rencana kerja, proyek drainase dikerjakan oleh para pekerja dari warga setempat. Semuanya baik tukang maupun tenaga pembantunya adalah warga masyarakat RW 02 Desa Cihuni. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait