Berita

Delman Stop Beroperasi Saat Mudik, Pemkab Garut Siapkan Dana Konpensasi

×

Delman Stop Beroperasi Saat Mudik, Pemkab Garut Siapkan Dana Konpensasi

Sebarkan artikel ini
Delman di jalur mudik Garut berhenti beroperasi selama musim mudik lebaran. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat musim mudik lebaran tahun ini pun delman yang berada di jalur mudik Kabupaten Garut kembali berhenti beroperasi. Sebagai pengganti kerugian mereka selama tidak beroperasi, Pemkab Garut memberikan dana konpensasi.

“Sudah disiapkan dana konpensasinya. Untuk menutup kerugian mereka selama tujuh hari, yakni dari H-4 sampai H+3 lebaran, dana yang disiapkan mencapai ratusan juta rupiah,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Garut Suherman, saat dihubungi Selasa (21/5/2019).

Ia menjelaskan, delman selalu diberikam kompensasi untuk tidak operasinya saat musim mudik lebaran setiap tahun. Pasalnya, delman dianggap salah satu biang kemacetan di jalur mudik.

Baca Juga:   Rawan Terpapar Covid-19, Wartawan di Garut Diminta Ikut Rapid Test

“Berdasarkan hasil kesepakatan, delman yang beroperasi di jalur mudik, seperti biasa tidak beroperasi saat musim mudik lebaran. Delman tersebut berada di Kecamatan Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Leles, Kadungora, Limbangan, dan Malangbong,” tambah Suherman.

Ia mengatakan, sebagai gantinya Pemkab Garut telah menyiapkan dana kompensasi sebesar Rp420 juta untuk biaya kompensasi kepada 603 delman yang ada di enam kecamatan tadi.

Baca Juga:   Anggota DPRD Garut Minta Pemkab Serius Cegah Terjadinya Alih Fungsi Lahan

“Pokoknya setiap delman kebagian Rp75 ribu per hari, dikali 7 jadi Rp525 ribu. Kompensasi akan segera dibagikan langsung ke para pemilik delman,” jelas Suherman. (Yuyus)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *