Tokoh

Lama Tak Terdengar, Ternyata Tokoh Garut Ini Menekuni Bisnis yang Bikin Terang

×

Lama Tak Terdengar, Ternyata Tokoh Garut Ini Menekuni Bisnis yang Bikin Terang

Sebarkan artikel ini
Tokoh sekaligus pengusaha Garut Holil Aksan Umarzen saat berjumpa dengan Presiden Joko Widodo. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Lama tidak terdengar bersuara dalam hiruk pikuk persoalan publik di Kabupaten Garut, ternyata tokoh masyarakat Garut Utara (Gatra), Holil Aksan Umarzen kini sedang disibukan dengan bisnis barunya, yaitu pembuatan lampu LED tenaga surya. Ia mengklaim bisnis yang dipayungi oleh perusahaan miliknya PT Abiloka Juara, berskala nasional.

Lampu LED tenaga surya dengan jangkauan sekitar 40 meter ‎itu diharapkan bisa menggantikan PJU di seluruh Jawa Barat. Bahkan karena tidak membutuhkan listrik, lampu ini pun bisa dikembangkan ke wilayah-wilayah terpencil.

‎Lampu dengan tenaga surya ini diberi nama ‘Jabar Smart Light’ dan sangat sulit untuk dicuri karena lampu ini memiliki desain yang unik. Karena biasanya baterai lampu atau alat penyerap tenaga surya berada di bawah lampu. Tetapi lampu ini memiliki bagian vital tersebut yang bersatu dengan lampu.

Baca Juga:   Jadi Selebgram, Cucu Mantan Bupati Garut Miliki Followers Hampir 1 Juta, Siapa Dia?

“Jika ingin dicuri harus dengan tiang-tiangnya, karena lampunya saya desain khusus. Belum lagi lampu ini dikembangkan dengan teknologi yang saya beri nama ‘Smart City Light’‎. Jadi lampu ini nantinya terkoneksi dengan aplikasi tersebut,” kata Holil, seperti dilansir Pikiran-rakyat.com, Kamis 14 Februari 2019.

Menurutnya, karena terkoneksi dengan aplikasi, maka lampu ini pun jika mengalami masalah langsung bisa terdeteksi. Bahkan tiap-tiap lampu memiliki pin khusus yang terkoneksi ke aplikasi tersebut. Misalnya ada suatu daerah yang sudah mulai gelap meski belum masuk waktu malam. Maka lampu bisa dikendalikan dengan mengaktivasinya melalui nomor pin khusus.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *