oleh

Bandung Barat, Garut, dan Sumedang Jadi Pusat Perhatian Kantor SAR

GOSIPGARUT.ID — Kantor Search And Rescue (SAR) Bandung mewaspadai beberapa daerah yang dinilai rawan bencana alam longsor. Personel hingga alat berat disiapkan selama musim hujan.

Kepala kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan pemetaan rawan bencana. Dari beberapa wilayah, pihaknya mewaspadai bencana longsor.

“Ada beberapa kabupaten seperti di Bandung Barat, Garut, dan Sumedang termasuk rawan longsor. Maka dari itu, daerah tersebut tentunya menjadi fokus perhatian kami bersama instansi lainnya,” ucap Deden, Rabu (18/12/2019).

Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan sarana dan prasarana guna menanggulangi bencana longsor. Beberapa alat berat excavator disiapkan untuk segera menanggulangi longsor.

Baca Juga:   Lima Preman Pemalak Wisatawan di Pantai Santolo Diciduk Polisi

“Untuk excavator kita siagakan di kantor. Sehingga bila sewaktu-waktu di daerah mana saja kita siap. Ini untuk mempercepat respons time juga,” tuturnya.

Sementara itu untuk di wilayah perkotaan seperti di Kota Bandung, SAR Bandung mewaspadai adanya banjir bandang. Menurutnya, hal itu akan berdampak pada masyarakat di perkotaan.

“Ya Bandung ini hanya banjir tapi di beberapa titik juga ada longsor. Yang kami khawatirkan adalah dampak dari kemarau yang panjang itu menyebabkan banjir bandang, itu yang kami khawatirkan,” kata dia.

Baca Juga:   Selain Belanja, Anak-anak TK Ini Belajar Buat Donat di Toserba Yogya Garut

SAR Bandung sendiri menyiapkan 80 orang personel. Mereka dibagi ke dalam 5 regu. Namun, jumlah itu juga masih bisa bertambah.

“Kami menyiapkan 5 regu terkait dengan antisipasi kesiapsiagaan musim penghujan. Itu di luar regu-regu yang memang kami plot untuk memberikan atau membantu memberikan pengamanan terkait dengan siaga natal dan tahun baru,” ucap dia. (dtc/Fj)

Baca Juga:   1.930 Calon Jamaah Haji Garut akan Mulai Diberangkatkan Selasa Besok

Komentar

Berita Terkait