Berita

Tiga Inovasi Unggulan Bawa Desa Rancasalak Garut ke Puncak Lomdeskel Jawa Barat

×

Tiga Inovasi Unggulan Bawa Desa Rancasalak Garut ke Puncak Lomdeskel Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin, memberikan sambutan dalam acara Klarifikasi Lapangan Lomdeskel tingkat Provinsi Jawa Barat, yang dilaksanakan di Aula Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jum'at (21/6/2024). (Foto: M. Azi Zulhakim)

GOSIPGARUT.ID — Memiliki sekitar 25% perhutanan sosial yang dikelola oleh 48 kepala keluarga petani kopi, Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, mampu menghasilkan sekitar Rp70 juta per tahun per keluarga. Keberhasilan ini yang kemudian Rancasalak menjadi model dalam pemanfaatan perhutanan sosial.

Kepala Desa Rancasalak, Budi Muhamad Raharja, menerangkan melalui pemanfaatan perhutanan sosial ini pula, pihaknya melakukan upaya regenerasi petani kopi yang menjadi kebanggaan desanya, dengan dimulainya sekolah lapang, di mana siswanya tidak hanya dari Desa Rancasalak saja, tapi juga dari desa-desa lain yang ada di Kabupaten Garut.

“Sepertinya tidak aneh banyak kopi di desa lain, iya, tapi kami dari mulai petik, dari mulai jemur, dari mulai tanam, dari mulai seduh itu tersedia di desa kami. Ini yang menjadikan ikon Desa Rancasalak, ini yang menjadikan petani kopi di kami sangat sejahtera,” papar Budi di hadapan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Barat, termasuk Penjabat (Pj.) Bupati Garut, Barnas Adjidin, Jum’at (21/6/2024).

Baca Juga:   Banyak Area Blank Spot, Jaringan Internet Desa di Jabar Diperluas

Selain itu, Desa Rancasalak memiliki produk lokal asli berkualitas, berupa tas yang mampu memperkerjakan 216 orang, baik itu sebagai penjahit maupun penjual tas, yang menghasilkan pendapatan mencapai Rp2.97 miliar per tahun.

Tidak hanya di situ, desa ini kini memiliki rumah amal, di sebagai tempat bagi warga Rancasalak untuk bersedekah dengan sasaran keluarga yang tidak mampu.

Baca Juga:   Capai 100.773 Peserta, Jawa Barat Jadi Daerah Penerima Program Prakerja Terbanyak Tahun Ini

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rumah amal ini mulai dari bantuan warga yang sakit hingga melakukan pembayaran bagi jaminan kesehatan masyarakat yang belum tercover oleh pembiayaan dari pemerintah.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *