Jawa Barat

Partai Golkar Cenderung Ingin Mengusung Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur Jawa Barat

×

Partai Golkar Cenderung Ingin Mengusung Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur Jawa Barat

Sebarkan artikel ini
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ridwan Kamil.

GOSIPGARUT.ID — Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa partai berlambang pohon beringin itu cenderung ingin mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat 2024.

Berdasarkan hasil survei, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar jika berkontestasi di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Namun, dia memastikan sejauh ini partai-nya belum memutuskan karier politik anggota tersebut.

“Dan Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji, pertama approval ratingnya cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain,” kata Doli kepada wartawan, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga:   Kasus Korupsi di Jabar Sepanjang 2022 Terbanyak di Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Banjar

Menurutnya Golkar pun bakal menilai pengusungan calon untuk Pilkada bakal berdasarkan kepentingan daerahnya. Untuk itu, menurut Doli figur yang akan diusung bakal betul-betul cocok untuk membawa kemajuan dalam pembangunan.

Dalam hal itu, dia menilai masyarakat Jawa Barat masih menginginkan Ridwan Kamil untuk menjadi gubernur karena pada periode sebelumnya, mantan Walikota Bandung Bandung itu dianggap berhasil memimpin Jawa Barat.

“Dan kemudian masih ada program-program atau janji kampanye yang mungkin belum dianggap tuntas, belum selesai oleh masyarakat Jawa Barat,” tuturnya.

Baca Juga:   Gubernur Jabar Beri Kujang untuk Pebalap Dunia Marc Marquez

Terkait peluang di Jakarta, menurut Doli elektabilitas nama Ridwan Kamil sudah tertandingi oleh nama-nama lainnya yang muncul seperti Anies Baswedan, dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sebelum nama-nama tersebut muncul, dia pun mengakui elektabilitas Ridwan Kamil di Jakarta memang cukup baik.

“Kami juga punya kesepahaman yang kedua, ya bahwa konfigurasi, peta politik di nasional belum tentu juga bisa dijiplak bulat-bulat di setiap daerah,” ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partai-nya itu menyiapkan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024, setelah kader yang sebelumnya disiapkan yakni Budisatrio Djiwandono memutuskan tidak maju.

Baca Juga:   Mudik Dibolehkan, Ridwan Kamil: Asal Disiplin Prokes

Ia mengatakan bahwa Gerindra sudah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta. Dasco menilai partai-partai lain pun akan senada dalam hal mendukung Ridwan Kamil.

“Bahwa soal posisinya Kang Emil, itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI,” katanya. (Ant)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *