Politik

KPU Garut Mulai Buka Pendaftaran Paslon Bupati-Wakil Bupati Perseorangan untuk Pilkada 2024

×

KPU Garut Mulai Buka Pendaftaran Paslon Bupati-Wakil Bupati Perseorangan untuk Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin.

GOSIPGARUT.ID — Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, mengatakan bahwa pihaknya membuka pendaftaran bagi bakal pasangan calon (paslon) bupati — wakil bupati perseorangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024. Pembukaan pendaftaran itu berlangsung sejak tanggal 8 Mei hingga 12 Mei 2024.

Ia menerangkan sejak jauh-jauh hari sudah ada beberapa paslon yang berkonsultasi dengan pihaknya terkait dengan jadwal hingga mekanisme pencalonan melalui jalur perseorangan ini.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh bakal calon jalur perseorangan ini, lanjut Dian, salah satunya adalah memiliki minimal 129.939 dukungan dengan batas minum di 22 kecamatan atau setara 6.5% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

Baca Juga:   Raih Suara Terbanyak dan Berpeluang Jadi Ketua DPRD Garut, Nasib Aris Munandar Tergantung Ketum Golkar

“Nah, Alhamdulillah hari ini tanggal 8 itu kita bisa melaksanakan ini karena memang sampai sejauh ini kita KPU tidak menerima surat tugas dari pasangan calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai pasangan calon surat tugas untuk LO _(Liaison Officer)_-nya yang berkonsultasi secara resmi dengan kami KPU,” ujar Dian, Rabu (8/5/2024).

“Lalu juga untuk daftar dukungan itu kan semua upload di dalam aplikasi Silon (aplikasi sistem informasi pencalonan), dan juga pasangan calon itu belum meminta ke kami kaitan dengan akses akun Silon-nya, jadi akhirnya kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan sore hari ini,” tambahnya.

Baca Juga:   Legislator Dapil Garut Inipun Setuju Rencana Pembelian Helikopter Gubernur Jabar

Dian pun memahami kendala terkait dengan mepetnya jadwal pendaftaran melalui jalur perseorangan ini, dan pihaknya saat ini pun terus melakukan konsultasi terkait hal tersebut dengan KPU Republik Indonesia, sebagai pihak yang menyusun jadwal tersebut. Apabila ada perubahan informasi mengenai jadwal tadi, kata Dian, pihaknya akan mempedomani hal-hal tersebut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *