Wisata

Tata Ruang Kampung Dukuh Garut Masuk Warisan Budaya Takbenda Provinsi Jawa Barat 2024

×

Tata Ruang Kampung Dukuh Garut Masuk Warisan Budaya Takbenda Provinsi Jawa Barat 2024

Sebarkan artikel ini
Kampung Dukuh, Desa Ciroyom, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. (Foto: Dok. Disparbud Kabupaten Garut)

GOSIPGARUT.ID — Tata Ruang Kampung Dukuh, Desa Ciroyom Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut, ditetapkan menjadi salah satu dari 36 Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Jawa Barat Tahun 2024 oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Penetapan ini diumumkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, bersama Tim Ahli WBTb Jawa Barat, Selasa 20 Februari 2024.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, mengaku senang dan siap mendukung agar Tata Ruang Kampung Dukuh ini dapat sampai menjadi WBTb Nasional.

Baca Juga:   Kasus Covid-19 di Garut Terus Meningkat, Ada 10 Nakes yang Dua Kali Terpapar

Ia menjelaskan, pada tahun 2023 lalu Tata Ruang Kampung Dukuh telah diajukan melalui sebuah aplikasi bernama Simpul Daya Jabar milik Pemprov Jabar. Dalam pengajuan tersebut, pihaknya melampirkan beberapa hal yang diperlukan mulai dari deskripsi, foto, video, kajian dinas, kajian ilmiah, dan sebagainya.

Selain Tata Ruang Kampung Dukuh, imbuh Luna, pihaknya juga mengajukan makanan khas Garut yaitu Endog Lewo sebagai WBTb. Namun, karena masih kurangnya kajian dan maestro yang ada, maka belum dapat dilanjutkan.

Baca Juga:   Belum Optimal, Pemkab Garut Akan Menata Ulang Pengelolaan Situ Bagendit 

Menurutnya, Kampung Dukuh terdiri dari dua bagian; Dukuh Luar dan Dukuh Dalam. Rumah adat yang terdapat di kawasan Kampung Dukuh Dalam, menjadi pusat tradisi dan rumah kuncen berada, sebelumnya berjumlah 40 unit, termasuk bangunan masjid, bale adat, madrasah, bumi alit, dan tempat mandi Cebor Opat Puluh.

“Rumah Kuncen (Mama Uluk) sendiri lebih besar dibandingkan dengan rumah-rumah penduduk lainnya, karena kuncen biasa menerima tamu,” ujar Luna dalam keterangannya, Sabtu (24/02/2024).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *